3DMark adalah benchmark sintetis terkemuka yang paling sering digunakan untuk komparasi perfomance kartu grafis merupakan salah satu produk dari UL Benchmark, dan hari ini UL benchmark resmi meluncurkan fitur test terbaru di 3DMark yaitu PCIe Feature Test. PCI Express (PCIe) adalah interface standar yang menyediakan komunikasi bandwidth tinggi antar perangkat di satu sistem komputer. Saat ini generasi terbaru dari PCIe yaitu PCIe versi 4.0, dimana PCIe versi tersebut menyediakan bandwidth hingga dua kali lipat dari bandwidth PCIe 3.0

3DMark PCI Express feature test dirancang untuk mengukur bandwidth yang tersedia untuk GPU kalian melalui antarmuka PCI Express. Tes ini bertujuan menjadikan bandwidth sebagai faktor pembatas kinerja. tes ini dilakukan dengan mengunggah sejumlah besar data vertex dan tekstur ke GPU untuk setiap frame. Tujuannya adalah untuk mentransfer data yang cukup untuk memenuhi interface PCIe 4.0. untuk melakukan tes ini kalian tidak bisa menggunakan versi free dari 3DMark, karena tes ini tersedia pada 3DMark versi Advanced dan versi Professional.

Untuk melakukan test ini kalian wajib memiliki kartu grafis discrete yang sudah support DirectX 12. Tentunya test ini juga tidak akan berjalan pada kartu grafis yang terintegrasi dengan processor. Untuk multiple GPU layaknya SLI maupun Crossfire test ini hanya akan berjalan pada kartu grafis utama, dan bagi kalian yang menggunakan kartu grafis external (enclousure) test ini juga tidak akan berjalan.