Profil CPU 3DMark memperkenalkan pendekatan baru untuk benchmarking CPU yang menunjukkan bagaimana skala kinerja CPU dengan jumlah core dan thread yang digunakan. Tes benchmark Profil CPU baru sekarang tersedia dalam 3DMark Advanced Edition dan 3DMark Professional Edition.

Profil CPU 3DMark—Benchmark CPU untuk prosesor modern

Profil CPU 3DMark memperkenalkan pendekatan baru untuk benchmarking CPU. Profil CPU 3DMark menunjukkan bagaimana kinerja CPU meningkat dan berubah dengan jumlah core dan threads yang digunakan.

Profil CPU memiliki enam tes, yang masing-masing menggunakan jumlah threads yang berbeda. Benchmark dimulai dengan menggunakan semua thread yang tersedia. Kemudian diulang menggunakan 16 threads, 8 threads, 4 threads, 2 threads, dan diakhiri dengan tes single threads.

Keenam tes ini membantu Kalian membandingkan dan membandingkan kinerja CPU untuk berbagai level threading. 3DMark juga menyediakan cara yang lebih baik untuk membandingkan model CPU yang berbeda dengan melihat hasil dari tingkat threads.

Profil CPU 3DMark menunjukkan bagaimana skor CPU Kalian dibandingkan dengan hasil lain dari model CPU yang sama. Ini adalah cara yang bagus untuk memeriksa apakah CPU Kalian bekerja seperti yang diharapkan. Untuk overclocker, Profil CPU 3DMark menunjukkan potensi overclocking CPU Kalian dan menyediakan lebih banyak cara untuk melacak dan mengukur keuntungan dari overclocking.

More cores, more threads

Tren dalam pengembangan prosesor adalah menuju peningkatan jumlah core. Lebih banyak core berarti lebih banyak pekerjaan dapat dilakukan pada saat yang bersamaan.

Multi threading simultan (SMT) memungkinkan setiap core untuk menjalankan beberapa threads. Semakin banyak threads yang Kalian miliki, semakin besar hasil kerja.

Namun, jumlah core meningkat lebih cepat daripada kemampuan aplikasi populer untuk menggunakannya. Beberapa tugas lebih cocok untuk multi threading dan multi core daripada yang lain.

Benchmark CPU modern harus menunjukkan manfaat memiliki banyak core dan threads dengan menskalakan lebih dari 16 threads. Dan juga menunjukkan bagaimana kinerja prosesor untuk bermain game dan aktivitas dunia nyata lainnya di mana kinerja jarang melampaui jumlah core dan threads yang sederhana.

Benchmark Profil CPU 3DMark

Profil CPU 3DMark mencakup enam tes yang menampilkan kombinasi perhitungan fisika dan simulasi khusus. Keenam tes menggunakan beban kerja yang sama hanya jumlah threads yang berubah, dengan pengujian terbatas pada penggunaan 1, 2, 4, 8, 16, atau jumlah maksimum threads yang tersedia.

Masing-masing dari enam tes menghasilkan skor. Skor sebanding di seluruh tes. Kalian dapat membandingkan skor 8-threads dengan skor 4-threads, misalnya. Skor yang lebih tinggi berarti CPU melakukan pekerjaan lebih cepat.

Hardware monitoring menunjukkan kepada Kalian bagaimana frekuensi clock CPU dan suhu CPU berubah saat pengujian berjalan.

Bagaimana benchmark dan membandingkan kinerja CPU

Profil CPU 3DMark menunjukkan bagaimana skor CPU Kalian dibandingkan dengan hasil lain dari prosesor yang sama.

Bar hijau pada layar hasil Profil CPU 3DMark menunjukkan bagaimana skor Kalian dibandingkan dengan skor terbaik untuk CPU Kalian. Semakin panjang bar hijau, semakin dekat skor Kalian dengan hasil terbaik untuk model CPU Kalian.

Skor median, yang ditunjukkan oleh penkalian, menunjukkan tingkat kinerja yang Kalian harapkan untuk CPU Kalian. Dalam kebanyakan kasus, median mewakili kinerja dengan pengaturan stok. Jika skor Kalian di bawah median, ini mungkin menunjukkan masalah dengan proses pendinginan atau latar belakang. Periksa Hardware monitoring untuk melihat bagaimana suhu CPU berubah selama proses.

Jarak dari penkalian median ke ujung bar menunjukkan potensi overclocking dari CPU. Untuk overclocker, Profil CPU 3DMark menyediakan lebih banyak cara untuk mengukur efek overclocking dan lebih banyak cara untuk bersaing mendapatkan skor tertinggi!

Harap dicatat bahwa fitur ini didukung oleh hasil benchmark dari pengguna 3DMark. Wawasan ini mungkin tidak tersedia untuk beberapa model CPU hingga hasil yang cukup dikirimkan.

Skor Profil CPU 3DMark Kalian akan meningkat hingga jumlah threads yang didukung oleh CPU Kalian. Dalam tangkapan layar dari CPU dengan 4 core dan 8 threads ini, Kalian dapat melihat bahwa skor untuk 8 threads, 16 threads, dan threads maks adalah sama dalam kisaran akurasi 3% biasa untuk Benchmark UL. Untuk CPU dengan SMT, yang memiliki lebih banyak threads daripada core, manfaat memiliki lebih banyak threads berkurang melebihi jumlah core CPU.

Enam tingkat kinerja CPU

Profil CPU 3DMark mencakup enam tes. Keenam level ini memudahkan untuk membandingkan kinerja model CPU yang berbeda dengan melihat hasil dari level threads yang mereka miliki bersama.

Max threads

Skor Max-threads mewakili potensi kinerja penuh CPU Kalian saat menggunakan semua thread yang tersedia. Kasus penggunaan praktis untuk skor ini terletak di luar permainan dalam beban kerja multithread yang sangat berat seperti rendering kualitas film, simulasi, dan analisis ilmiah.

16 threads

Tugas kompthreadsi intensif seperti pembuatan konten digital dan rendering 3D mendapat manfaat dari lebih banyak threads, tetapi skor 16 threads kurang relevan untuk memperkirakan kinerja game praktis.

8 threads

Game DirectX 12 modern memanfaatkan kinerja multithreaded dengan lebih baik di luar 4 core. Performa gaming CPU biasanya berkorelasi paling dekat dengan skor 8-threads. Skor ini juga memiliki korelasi yang tinggi dengan skor CPU 3DMark Time Spy.

4 threads dan 2 threads

Game lama yang dikembangkan untuk DirectX 9 sering terhambat oleh CPU pada PC game modern. Frame rate judul esports populer, seperti DotA 2, League of Legends, dan Counter-Strike: Global Offensive, biasanya berkorelasi paling dekat dengan skor 2-threads dan 4-threads.

1 threads

Skor 1-threads adalah ukuran mendasar dari kinerja prosesor. Namun, untuk permainan dan kasus penggunaan dunia nyata, skor multithreaded biasanya merupakan indikator kinerja praktis yang lebih baik.