Benchmark memiliki masa pakai alami yang berakhir saat tidak lagi memberikan hasil yang berarti pada hardware terbaru. Jika Benchmark lama digunakan dengan hardware terbaru, hasilnya tidak sesuai atau dibatasi dengan cara yang mengurangi keakuratan dan relevansinya.

Setelah meninjau lini produk nya, UL memutuskan untuk menghentikan dukungan untuk 3DMark Sky Diver, uji fitur Overhead API 3DMark, PCMark 8, Servermark Media Transcode, dan VRMark untuk Android. Setelah 14 Januari 2021, Benchmark yang tidak didukung ini akan berhenti dijual oleh UL, Steam, atau toko software lainnya dan tidak lagi menerima update dari UL karena tidak lagi memenuhi syarat untuk pengetestan hardware terbaru.

3DMark Sky Diver

3DMark Sky Diver adalah benchmark DirectX 11 untuk PC dengan grafis terintegrasi. Dirilis pada tahun 2014, sekarang terlalu ringan untuk PC modern. UL merekomendasikan penggunaan 3DMark Night Raid (DirectX 12) atau 3DMark Wild Life (Vulkan) untuk benchmark laptop, notebook, dan sistem lain dengan grafis terintegrasi.

Uji fitur 3DMark API Overhead

Uji fitur 3DMark API Overhead dirilis pada tahun 2015 bertepatan dengan peluncuran Windows 10 dan DirectX 12. Pengujian tersebut membandingkan performa draw call dari API grafis. Saat peluncuran, ini adalah perbedaan paling signifikan antara API lama dan API baru tingkat rendah seperti DirectX 12, Metal, dan Vulkan.Saat ini, pengembang lebih cenderung memilih API grafik berdasarkan dukungan fitur dan kompatibilitas. Performa panggilan seri tidak lagi menjadi faktor penentu. UL tidak memiliki rencana untuk memperbarui atau mengganti tes ini.

PCMark 8

PCMark 8 adalah rangkaian benchmark yang mengukur kinerja PC untuk penggunaan di rumah dan kantor. Dirilis pada 2013 untuk PC yang menjalankan Windows 8. Hanya 5% dari PC desktop yang masih menjalankan Windows 8 pada 2020, menurut Statcounter. UL merekomendasikan penggunaan PCMark 10 untuk test PC kantor yang moderen dan menggunakan Windows 10.

Servermark Media Transcode

Servermark Media Transcode adalah Benchmark untuk menguji kinerja server media transcoding. Dirilis pada tahun 2017, Benchmark tersebut menargetkan sejumlah kecil prosesor dan software libraries yang tidak lagi digunakan di kluster server modern. UL tidak memiliki rencana untuk memperbarui atau mengganti benchmark ini.

VRMark untuk Android

VRMark untuk Android, dirilis pada 2018, dirancang untuk mengukur performa perangkat Google Daydream. Pada bulan Oktober tahun ini, Google secara resmi mengumumkan berakhirnya dukungan untuk Daydream VR di Android 11. UL tidak berencana membuat benchmark VR baru untuk smartphone saat ini. Kalian dapat membandingkan sistem VR berbasis PC dengan VRMark versi Windows.

Benchmark lama dapat di download gratis

Benchmark lama yang kembali ke 3DMark99 dapat di download gratis dari situs web UL Benchmarks. Benchmark yang tidak didukung ini disediakan hanya untuk hiburan tanpa jaminan kompatibilitas dengan sistem operasi atau perangkat keras saat ini.