Pada saat ini selain PC desktop berbagai kalangan masyarakat juga menggunakan laptop sebagai andalan untuk bermain game terutama memainkan game esports. Rata-rata pengguna laptop di tanah air memilih laptop kelas mainstream dengan harga dibawah 10 jutaan rupiah yang terjangkau serta cukup untuk memainkan game.

Nvidia menghadirkan produk andalannya yakni Geforce MX series untuk laptop kelas mainstream yang cukup handal untuk memainkan berbagai game esports kekinian dan hemat daya, namun sayangnya calon pengguna harus sedikit jeli dalam memilih laptop yang bertenaga Geforce MX Series karena kabarnya untuk seri tertinggi yakni Geforce MX250 akan hadir dalam dua varian TDP yakni 10W dan 25W.

Perbedaan TDP tersebut dikabarkan akan berpengaruh besar ke kinerja kartu grafis tersebut. Berdasarkan info yang dikutip dari TechPowerUp mencapai 30%. Hal ini terjadi karena kartu grafis dengan TDP rendah akan menyesuaikan untuk “menahan” GPU clockspeed agar tidak tinggi layaknya pada kartu grafis lainnya yang mengakibatkan performa dalam bermain game akan berbeda dibandingkan TDP yang lebih tinggi.

Kabar baiknya calon pengguna bisa mengetahui perbedaan antar keduanya dengan cara yang cukup mudah yakni melalui ID kartu grafis yang digunakan bisa menggunakan aplikasi ternama GPU-Z, Geforce MX250 dengan TDP 10W memiliki ID “1D52” sedangkan versi TDP 25W memiliki ID “1D13”, kabar baiknya lagi sebagian besar laptop sekarang sudah dilengkapi Windows 10 pre-installed sehingga calon pengguna bisa bertanya kepada seller laptop yang dijual tersebut untuk periksa melalui aplikasi GPU-Z.

Facebook Comments