Intel sebagaimana pengguna ketahui telah menghadirkan Intel Core 9th Gen Series dengan suffix “F” dan “KF” terbaru. Processor ini sedikit berbeda dengan Intel Core 9th Gen Series biasanya mengingat hadir dengan IGP Intel HD yang dimatikan di dalamnya.

Kabarnya belum lama ini beredar info tentang Intel Core i5 9400F yang berasal dari pengguna dengan akun momomo_US yang kabarnya telah berhasil membongkar processor Intel Core i5 9400F dan menemukan bahwa ternyata Intel menggunakan thermal paste untuk IHS (integrated heat spreader) processor tersebut, hal ini ternyata berbeda dengan informasi resmi yang beredar bahwa semua Intel Core 9th Gen Series akan menggunakan IHS yang disolder.

Intel Core i5 9400F (Bawah) vs Intel Core i5 9600K (Bawah)

Kabar baiknya diberitakan hal ini hanya berlaku untuk Intel Core 9th Gen dengan suffix “F” saja, processor Intel Core 9th Gen lainya terutama berlaku untuk seri “K” yang di unlock multipliernya. Hal ini bisa dilihat dari gambar diatas yang menampilkan Core i5 9600K yang memiliki IHS yang disolder, berbeda dengan seri Core i5 9400F yang menggunakan thermal paste.

Menariknya apabila anda melihat secara lebih jelas lagi, ukuran DIE Size dari processor Intel Core i5 9600F terlihat lebih kecil dibandingkan Intel Core i5 9600K. Kabarnya ukuran die size yang kecil ini bukan disebabkan karena faktor minus IGP, melainkan faktor lain. Kabarnya Intel menggunakan die “Refresh” 6 Core Cofee-Lake untuk Intel Core i5 9400F, sedangkan Intel Core i5 9600K menggunakan DIE 8 Core Cofee-Lake yang sudah dimatikan 2 Core nya. Kesimpulanya kedua tetap memiliki IGP pada DIE masing-masing, bedanya Intel mematikan IGP di Core i5 9400F lewat firmware sehingga pengguna tidak bisa memanfaatkan IGP nya.

Facebook Comments