The Intel Xeon Family (from left): Intel Xeon Platinum 9200 processor, 2nd-Gen Intel Xeon Scalable Processor and Intel® Xeon® D-1600 Processor. Intel Corporation on April 2, 2019, introduced a portfolio of data-centric tools to help its customers extract more value from their data. (Credit: Tim Herman/Intel Corporation)

Intel dikenal akan prosesor Intel Xeon yang digunakan di sebagian besar server yang ada saat ini sama seperti prosesor Intel Core yang ada di PC dan laptop, Intel juga secara rutin update prosesor andalannya tersebut dimana belum lama ini Intel secara resmi mengumumkan beberapa lini prosesor server Intel Xeon 2019 terbaru.

1. Xeon Platinum “Cascade Lake” hingga 56 core 112 thread

Intel telah perbarui semua lini prosesor server miliknya salah satunya adalah untuk lini Xeon Platinum biasa ada di superkomputer dan data center kini mendapatkan peningkatan performa signifikan dengan menghadirkan konfigurasi CPU hingga 56 core 112 thread dari 48 Core yang ada sebelumnya, Intel juga hadirkan fitur Intel DL Boost yang mampu tingkatkan performa pengolahan machine learning secara signifikan serta dukungan Optane Persistent Memory.

Intel Xeon Platinum 9200 hadir dengan arsitektur “Cascade Lake” terbaru serta masih dibuat dengan fabrikasi 14nm++, Intel berhasil meningkatkan jumlah core/thread tanpa menggunakan fabrikasi baru dengan cara menggunakan teknik MCM (Multi Chip Modul) yang menggabungkan dua buah die CPU dalam 1 prosesor. Metode MCM sebelumnya juga digunakan oleh AMD di prosesor AMD Epyc yang menariknya Intel sempat memberikan guyonan ke AMD dengan sebutan “Glue Processor”.

2. Intel Xeon Scalable “Cascade Lake” hingga 28 core 56 thread

Lini Intel Xeon Scalable yang sering digunakan untuk server cloud, VPS dan web hosting ini juga turut mendapatkan update yang cukup signifikan, walau tidak mendapatkan penambahan core/thread akan tetapi Intel telah gunakan arsitektur “Cascade Lake” terbaru yang menghadirkan peningkatan performa machine learning melalui DL Boost serta dukungan Intel Optane Persistent Memory.

3. Intel Xeon D 1600 hingga 8 core 16 thread

Intel Xeon D 1600 merupakan seri prosesor Intel Xeon low-end terbaru yang menggunakan arsitektur Broadwell yang telah ditingkatkan performanya menjadi 8 core 16 thread serta hadir dalam bentuk System on Chip (SoC) yang sudah terintregrasi dengan koneksi Ethernet yang mendukung hingga 4 port 100 GBPS. Cocok digunakan untuk web server atau local server perusahaan kecil.