DirectX 12 Ultimate menambahkan fitur dan kemampuan baru yang powerful ke DirectX 12 termasuk DirectX Raytracing Tier 1.1, Mesh Shaders, Sampler Feedback, dan Variable Rate Shading (VRS).

Setelah DirectX 12 Ultimate diumumkan, kami mulai menambahkan pengujian baru ke 3DMark untuk menunjukkan bagaimana game dapat memanfaatkan fitur-fitur baru ini.

Penambahan terbaru UL adalah pengujian fitur 3DMark Mesh Shader, pengujian baru yang menunjukkan bagaimana developer game dapat meningkatkan frekuensi gambar dengan menggunakan mesh shader di pipeline grafis.

Apa itu shader mesh?

Mesh shader memperkenalkan pendekatan baru untuk pemrosesan geometri yang menyederhanakan jalur grafis sekaligus memberi developers lebih banyak fleksibilitas dan control

Dalam grafik 3D, mesh adalah himpunan simpul, tepi, dan permukaan yang menentukan bentuk suatu objek. Dalam pipeline grafik saat ini, semua data geometri dalam mesh harus diproses secara berurutan sebelum langkah selanjutnya dapat diambil. Ini bisa menjadi hambatan kinerja yang signifikan.

Mesh shader menggantikan pendekatan lama dengan model baru yang menghadirkan power, fleksibilitas, dan kontrol model pemrograman komputasi ke pipeline geometri.

Shader mesh dapat memproses bagian kecil dari mesh, yang disebut meshlet, secara paralel dengan tingkat fleksibilitas dan kontrol yang jauh lebih besar.

Amplifikasi shader, bagian baru dari pipa shader mesh, sangat berguna untuk seleksi, karena mereka dapat secara efisien menentukan meshlet mana yang terlihat sebelum shading. Sebuah shader amplifikasi dapat menyisihkan meshlet yang tidak terlihat jauh lebih efisien daripada metode tradisional.

Uji kinerja shader mesh dengan 3DMark

Uji fitur 3DMark Mesh Shader menunjukkan bagaimana game engine dapat meningkatkan kinerja dengan menggunakan pipeline shader mesh untuk secara efisien menyisihkan geometri yang tidak terlihat oleh kamera.

Adegan uji coba adalah aula yang berisi banyak baris pilar berukir yang sangat detail. Saat kamera bergerak melalui pemandangan, pilar di latar depan menghalangi pandangan yang lebih jauh di belakang.

Tes ini berjalan dalam dua lintasan. pertama menggunakan pendekatan tradisional untuk pemusnahan geometri untuk memberikan dasar kinerja. kedua menggunakan shader mesh untuk menyisihkan meshlet tersembunyi secara efisien.

Hasil tes ini adalah frekuensi gambar rata-rata untuk setiap kelulusan dan perbedaan antara keduanya dinyatakan sebagai persentase.

Mode interaktif

Uji fitur 3DMark Mesh Shader mencakup mode interaktif yang membantu Kalian memvisualisasikan manfaat menggunakan mesh shader. Kalian dapat menjeda dan melompat ke berbagai bagian garis waktu dan mengubah pengaturan secara real-time. Gunakan opsi visualizer untuk menyorot meshlet atau lihat tingkat detail (LOD) yang digunakan untuk setiap meshlet.

Experience DirectX 12 Ultimate dengan 3DMark

DirectX 12 Ultimate menambahkan fitur dan kemampuan baru yang kuat ke DirectX 12. Fitur ini memungkinkan developer game untuk membuat grafik yang lebih realistis sekaligus meningkatkan kinerja dan frame rates.

3DMark memiliki tes khusus untuk setiap fitur baru di DirectX 12 Ultimate:

  • Uji fitur 3DMark DirectX Raytracing
  • Uji fitur 3DMark Mesh Shader
  • Tes fitur 3DMark VRS
  • Uji fitur Feedback 3DMark Sampler (akan hadir akhir tahun ini)

Selain mengukur performa, masing-masing pengujian ini juga memiliki mode interaktif yang memungkinkan kalian bereksperimen dengan pengaturan berbeda untuk melihat efek pada kualitas dan performa gambar.

Available now

Pengujian fitur Mesh Shader tersedia hari ini sebagai update gratis untuk 3DMark Advanced Edition. Mulai sekarang hingga 15 Februari, 3DMark didiskon 85%, hanya $ 4,49 (USD), jika Kalian membelinya dari Steam. Dalam 3DMark Professional Edition, uji fitur Mesh Shader tersedia sebagai update gratis untuk pelanggan dengan lisensi tahunan yang valid. Uji fitur 3DMark Mesh Shader memerlukan Windows 10 versi 2004 atau yang lebih baru dan kartu grafis dengan driver yang mendukung Microsoft DirectX 12 Ultimate. Untuk GPU AMD, kami sarankan untuk menginstal driver Radeon Adrenalin Edition 21.2.2 terbaru.