Back
Next

Intro

Intel memperkenalkan Optane Memory M.2 pada Maret 2017 lalu. Memori ini ditujukan sebagai drive cache untuk sistem yang menggunakan hard disk sebagai storage utamanya.

Intel Optane Memory menggunakan memori non-volatil 3D XPoint dan memiliki kapasitas 16 GB hingga 32 GB. Kapasitas yang kecil ini membatasi penggunaannya jika digunakan sebagai SSD storage pada umumnya. Memori ini ditujukan untuk dikombinasikan dengan HDD untuk mendapatkan kapasitas besar dan kecepatan akses storage yang tinggi.

Sebagai perlawanan, AMD kemudian merilis AMD StoreMI sebagai solusi drive caching menggunakan SSD. Sama seperti Intel Optane Memory, solusi dari AMD ini ditujukan untuk pengguna dengan HDD agar pengguna bisa mendapatkan kapasitas besar dengan kecepatan tinggi. Bedanya, StoreMI menggunakan solusi software 3rd party yaitu FuzeDrive dan tidak memerlukan storage caching khusus seperti kompetitornya. Solusi dari AMD ini memerlukan prosesor AMD Ryzen seri 2000 maupun Threadripper dan motherboard AMD seri 400 maupun X399.

Secara resmi, Intel Optane Memory hanya didukung oleh prosesor Intel Core gen 7 ke atas dan motherboard Intel chipset seri 200 ke atas. Namun, bagaimana bila Optane Memory dipasang di sistem berbasis AMD Ryzen seri 2000?

Back
Next
Facebook Comments