Intel sebagaimana kita ketahui saat ini tidak memiliki lini chip grafis (GPU). Hal ini membuat Intel sedikit tertinggal dibandingkan AMD dan Nvidia di sektor server dan data center. Hal ini terjadi mengingat tren saat ini sedang menuju ke arah pengembangan artificial intelligence (AI) dan machine learning yang membutuhkan peran chip grafis (GPU) yang mumpuni.

Tidak ingin hanya mengandalkan lini grafis integrasi saja. Intel langsung bergegas membentuk tim yang nantinya bertugas menyiapkan chip grafis (GPU) terbaru rancangan Intel. Beberapa petinggi RTG (divisi grafis AMD) seperti Raja Koduri mantan eksekutif beserta Tim Cook mantan direktur marketing di rekrut Intel ke dalam tim barunya tersebut.

Intel belum lama ini dirumorkan sedang merencanakan acara yang akan menampilkan perkembangan riset terkini. Berdasarkan sumber yang kami kutip dari Digitimes menyebutkan chip grafis GPU yang ditampilkan nantinya dirumorkan memiliki nama Arctic Sound dan memiliki fokus utama untuk pangsa pasar server dan data center.

Chip grafis (GPU) Arctic Sound sendiri dikabarkan memiliki performa yang handal dalam pemrosesan artificial intelligence (AI) dan machine learning. Walau begitu sayangnya kita tidak akan melihat produk jadinya hingga tahun 2020 seperti yang sudah dikonfirmasi oleh Intel sebelumnya.

Arctic Sound sendiri bukanlah chip grafis (GPU) pertama dari Intel, sebelumnya Intel sempat merilis i740 di tahun 1998, sayangnya karena sepi peminat Intel memilih tak melanjutkan kembali. Intel juga sempat menghadirkan proyek bernama “Larabee” yang lagi-lagi gagal dirilis dikarenakan memiliki performa yang kurang memuaskan dibandingkan chip grafis (GPU) di tahun 2010.

Facebook Comments