Intel sebagaimana yang diberitakan sebelumnya selain tengah disibukkan akan pengembangan produk processor terbaru serta jaringan 5G, Intel juga tengah mengembangkan produk GPU miliknya yang dinamakan Intel Xe, kabarnya Intel berencana akan merilis Intel Xe di tahun 2020 serta akan hadir mulai dari sektor IGP, mainstream hingga superkomputer.

Informasi tentang Intel Xe sepertinya mulai nampak ke permukaan, setelah sebelumnya pihak departemen energi Amerika Serikat memesan Intel Xe untuk superkomputer terbarunya kini giliran gamers serta para antusias yang mendapatkan informasi terbaru melalui event Intel Odyssey yang bertempat di ajang GDC 2019 yang berlokasi di Amerika Serikat.

Pada event tersebut Intel menampilkan hasil render dari prototipe kartu grafis Intel Xe yang merupakan versi yang akan hadir untuk segmen PC mainstream, tampilan vga card Intel Xe tersebut walaupun memakan dua slot PCIe namun vga card ini termasuk “mungil” dan cocok bagi gamers yang ingin membangun sebuah mini PC gaming.

Pendingin dari kartu grafis Intel Xe tersebut menggunakan sistem blower yang pada bagian sisi dikelilingi oleh ventilasi yang sekilas mirip dengan yang di desain oleh desainer Cristiano Siqueira pada tahun 2018 yang lalu walau belum dikonfirmasi apakah akan diselingi oleh pernak-pernik lampu RGB LED atau tidak.

Chris Hook Kepala Marketing RTG (sekarang pindah ke Intel), Tampilkan Radeon Vega Nano

Menariknya apabila kita melihat lebih teliti kembali tampilan kartu grafis Intel Xe tersebut cenderung mirip dengan kartu grafis Radeon Vega Nano yang pernah ditampilkan (namun tidak pernah dirilis) oleh AMD. Walaupun begitu belum diketahui tentang performa dari kartu grafis tersebut apakah mengincar kelas menengah atau kelas atas seperti yang dilakukan AMD dengan “Nano” miliknya.