REUTERS/Fabian Bimmer

Intel sebagaimana kita ketahui walaupun mendapatkan persaingan ketat dari kompetitornya yakni AMD dengan Ryzen, namun Intel masih membuktikan dominasinya dengan merilis prosesor Intel Core 9th Gen Coffee Lake yang menghadirkan peningkatan performa yang signifikan melalui penambahan jumlah core/thread serta clockspeed lebih tinggi sebagai nilai jual utama salah satu seri Core i5 9400F cukup laris di pasaran.

Kabarnya Intel sedang menyiapkan dua keluarga prosesor terbaru yakni Intel Core generasi terbaru dengan arsitektur Comet Lake serta varian Intel Pentium/Celeron low-power dengan arsitektur Elkhart Lake. Informasi ini sudah lama beredar salah satu yang terbaru berasal dari roadmap Mitac produsen motherboard untuk segmen embedded yang menampilkan kedua processor tersebut untuk tahun 2020.

Klik untuk perbesar

Intel Comet Lake dikabarkan tetap diproduksi menggunakan fabrikasi 14nm++ serta dikabarkan akan menggunakan mikroarsitektur terbaru “Sunny Cove” yang membawa peningkatan performa melalui kehadiran 10 core 20 thread untuk seri tertinggi. Tidak hanya sektor grafis juga ditingkatkan performanya melalui kehadiran Intel Gen11 yang berdasarkan bocoran terkini mampu setara dengan IGP Ryzen APU.

Diagram Intel Lakefield

Processor lainnya yakni Elkhart Lake merupakan suksesor dari prosesor Intel Pentium dan Celeron Silver berbasis Apollo Lake sayangnya tidak ketahui apa saja peningkatan yang akan dihadirkan, segmen prosesor low-power juga akan di isi oleh System on Chip (SoC) Intel Lakefield yang merupakan prosesor pertama dari Intel yang menggunakan teknologi Foveros kombinasikan CPU performa tinggi yang ada di Intel Core dan CPU low power serta IGP Gen11 menjadi satu kesatuan prosesor.

Facebook Comments