Intel belum lama ini telah melaksanakan acara Intel Architecture Days dimana menampilkan berbagai pengumuman produk terbaru. Diantaranya kehadiran mikro-arsitektur “Sunny Cove” yang akan digunakan di processor Intel Core dan Xeon pada tahun 2019 mendatang yang sudah kami bahas sebelumnya.  

Prosesor Intel berbasis mikro-arsitektur Sunny Cove sama seperti yang ada saat ini juga dilengkapi dengan grafis terintegrasi. Intel mengumumkan kehadiran Intel IGP Gen11 yang digunakan di Intel Core berbasis Sunny Cove terbaru. Intel IGP Gen11 menghadirkan jumlah Execution Unit (EU) 64 Unit yang lebih banyak dibandingkan generasi sebelumnya sebesar 24 Unit. 

Intel mengklaim terdapat peningkatan performa hingga 2x lebih baik pada komputasi dan gaming mencapai 1 TFLOPS. Terdapat dukungan Tile Based Rendering yang juga ada di GPU modern serta L3 Cache dedikasi. Peningkatan besar ini akan sia-sia jika tanpa dukungan driver yang oke. Intel oleh karena itu menjanjikan 0-day driver yang akan di update terus setiap ada game terbaru dirilis.   

Pada sisi display dan multimedia terdapat dukungan monitor HDR Display 10 bit serta terdapat dukungan multi-monitor hingga resolusi 8K. Intel secara resmi menghadirkan dukungan Intel Adaptive Sync fitur ini menghadirkan dukungan bermain game minim tearing, sama seperti yang ada di Nvidia G-Sync atau AMD FreeSync.

Menariknya dikarenakan sama-sama menggunakan standar VESA. Anda bisa menggunakan monitor yang mendukung fitur AMD FreeSync yang ada di pasaran saat ini. Sayangnya Nvidia G-Sync tidak mendukungnya karena berbeda standar. Intel Core berbasis “Sunny Cove” dilengkapi grafis Gen11 akan dirilis di tahun 2019. 

Facebook Comments