Intel Sunnycove

Intel diberitakan baru saja merilis roadmap produk terbaru miliknya salah satunya adalah kehadiran mikro-arsitektur terbaru “Sunny Cove” serta beberapa info produk next-gen lainya. 

Sebelum membahas mikro-arsitektur tersebut kita membahas terlebih dahulu tentang roadmap dari mikro-arsitektur Intel. untuk tahun 2019 terdapat “Sunny Cove” untuk prosesor Intel Core dan Xeon serta “Tremont” untuk Intel Atom. Keduanya merupakan arsitektur terbaru dan menggunakan fabrikasi 10nm terbaru.

Pada tahun 2020 terdapat “Willow Core” yang merupakan optimalisasi dari “Sunny Cove” yang tetap menggunakan fabrikasi 10nm dan digunakan untuk Intel Core dan Xeon. Pada tahun 2021 terdapat Golden Cove yang menggunakan arsitektur terbaru dan fabrikasi 7nm terbaru. Arsitektur memfokuskan ke segmen AI dan digunakan di Intel Core dan Xeon. Intel Atom dapatkan arsitektur terbaru Gracemont. 

Arsitektur baru tersebut membawa perombakan besar pada sisi arsitektur mulai dari peningkatan jumlah pipeline hingga kapasitas L1 dan L2 Cache yang lebih besar dilakukan oleh Intel. Pada demo yang Intel lakukan disebutkan “Sunny Cove” memiliki performa hingga 75% lebih kencang di aplikasi 7-Zip dibandingkan processor saat ini. walaupun tidak disebutkan apakah saat kondisi kompresi atau dekompresi. 

Intel “Sunny Cove” juga merupakan mikro-arsitektur yang multifungsi. Hal ini berkat kehadiran intruksi AVX-512 terbaru serta dukungan 
Vector-AES dan SHA-NI yang dipercaya dapat meningkatkan performa Cryptography dan AI jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Seperti penjelasan roadmap diatas, kita baru akan melihat produk Intel Core/Xeon berbasis “Sunny Cove” di tahun 2019 mendatang.