Nvidia sedang menikmati tahta kartu grafis tercepat untuk gaming melalui Geforce RTX-20 Series. Kabar baiknya menjelang akhir tahun 2018 ini sudah banyak rumor beredar tentang kartu grafis Geforce RTX yang lebih terjangkau lainnya yakni Geforce RTX 2060 yang dikabarkan pertama dalam sejarah Nvidia yang akan hadir dalam 6 varian kapasitas VRAM sekaligus.

Belum lama setelah rumor tentang Geforce RTX 2060 tersebut beredar kali ini kembali beredar rumor kartu grafis Geforce GTX 2050. Kartu grafis ini tidak menggunakan prefix “RTX” akan tetapi tetap termasuk kedalam seri Geforce 20 Series mengingat masih menggunakan chip GPU Turing yang dirumorkan memiliki codename TU 107 namun tanpa kehadiran fitur real-time raytracing dan tensor core.

Spesifikasi kartu grafis ini muncul dalam database Geekbench dengan memiliki GPU boost clock sebesar 1.56 GHz dan VRAM 4 GB GDDR5 dengan memory bus 128-bit. Penggunaan VRAM GDDR5 dipilih kemungkinan untuk mengurangi biaya produksi yang lebih murah dibandingkan VRAM GDDR6.

Walaupun tidak mendapatkan info hasil benchmark, namun fans Geforce akan senang akan kehadiran upgrade ini mengingat dirumorkan akan mendapatkan peningkatan dalam hal CUDA core dari 640 unit di Geforce GTX 1050 sebelumnya menjadi 896 unit di GTX 2050.

Penggunaan fabrikasi 12nm yang efisien dengan GPU boost clock lebih tinggi serta kehadiran jumlah unit CUDA core yang lebih banyak membuat kartu grafis Geforce GTX 2050 di prediksi akan menjadi kartu grafis yang handal untuk PC desktop bahkan bisa dipakai untuk laptop gaming dengan harga lebih terjangkau oleh gamer.

Facebook Comments