AMD pada acara Next-Horizon yang diadakan sebelumnya, menampilkan generasi kedua dari arsitektur Zen yang hadir melalui prosesor AMD EPYC “Rome”. Salah satu keunggulan dari arsitektur terbaru ini adalah telah menggunakan fabrikasi 7nm terkini yang menghadirkan peningkatan performa/watt hingga 25% lebih baik.

Sudah beberapa bulan berlalu AMD belum kunjung juga merilis prosesor versi konsumer Zen 2 tersebut. Walaupun begitu para fans bisa bernapas lega mengingat beberapa rumor tentang prosesor AMD Ryzen berbasis Zen 2 dengan codename “Matisse” mulai terkuak.

AMD Ryzen 3000 Matisse
AMD Ryzen 3000 Matisse

Berdasarkan grafik yang kami kutip dari VideoCardz, menampilkan spesifikasi dari prosesor Ryzen “Matisse” dengan seri Ryzen 3000. Terdapat peningkatan dari semua lini dimana untuk Ryzen 3 menggunakan konfigurasi 6 core/12 thread.

Peningkatan juga terjadi pada Ryzen 5 dimana menggunakan 8 core / 16 thread sedangkan Ryzen 7 terdapat dua varian ada yang menggunakan 12 core/24 thread dan ada yang menggunakan 16 core/32 thread.

Kabar baiknya AMD tidak hanya menambah core saja, namun kecepatan clockspeed juga ditingkatkan dengan TDP yang kurang lebih sama dengan Ryzen 2nd Gen sebelumnya. Bahkan di seri Ryzen 3 3300 AMD mengurangi TDP dengan menggunakan 55W saja. Hal ini dirasa berkat penggunaan arsitektur Zen 2 dan fabrikasi 7nm.

Apabila informasi ini tepat maka akan menandakan AMD mendengar permintaan dari sebagian pengguna Ryzen sebelumnya akan clockspeed yang tinggi. AMD menjawabnya dengan seri Ryzen 3000 dimana salah satu seri Ryzen 7 3700X menghadirkan boost clock hingga 5 GHz.

Sayangnya belum diketahui kapan pastinya akan dirilis prosesor ini. Beberapa rumor lain menyebutkan AMD akan mengumumkan informasi prosesor ini di ajang CES 2019 nantinya.

Facebook Comments