Nvidia sebagaimana kita ketahui telah menghadirkan kartu grafis terbaru yakni Geforce RTX 20 series yang sudah di umumkan beberapa bulan yang lalu. Selain menghadirkan peningkatan performa, Nvidia juga telah menghadirkan real-time raytracing ke ranah gaming melalui kartu grafis RTX 20 series.

Sayangnya banyak dari penggemar belum bisa merasakan kartu grafis terbaru dari Nvidia tersebut, mengingat baru seri kelas atas yakni Nvidia Geforce RTX 2080 Ti, RTX 2080, dan RTX 2070 yang dirilis. Walaupun begitu berbagai rumor belakangan ini menyebutkan Nvidia tengah menyiapkan seri Geforce RTX 2060 dengan harga lebih terjangkau.

Salah satu rumor adalah kehadiran penampakan foto kartu grafis Gigabyte RTX 2060 6GB GDDR6 dengan menghadirkan chipset GPU “TU106” terbaru yang menggunakan jumlah CUDA core lebih banyak serta menggunakan konektor 8 pin PCIe untuk konsumsi daya. Info selengkapnya bisa anda lihat di tautan berikut.

Tidak selang lama beredar kembali rumor dimana Nvidia akan menghadirkan dua jenis chip GPU “TU106” dengan prefix “A” dan “Non-A” yang membuat perbedaan adalah dukungan jenis VRAM yang digunakan yakni ada yang mendukung VRAM GDDR5 dan ada yang mendukung VRAM GDDR6.

Gigabyte RTX 2060
Lini Gigabyte RTX 2060

Berdasarkan rumor tersebut disebutkan terdapat varian dengan kapasitas 3GB, 4GB, dan 6GB dengan masing-masing terdapat varian VRAM GDDR5 dan GDDR6. Sementara belum diketahui apakah Nvidia melakukan pengurangan CUDA Core seperti yang ada di Geforce GTX 1060 3GB sebelumnya atau tidak akan tetapi Gigabyte kabarnya sudah menyiapkan hingga 32 lini kartu grafis untuk menyambut seri RTX 2060 tersebut.