Handbrake merupakan software andalan bagi banyak orang terutama para pembuat konten untuk melakukan convert video/audio. Salah satu yang membuat Handbrake handal adalah kemampuan kompres kapasitas video handal yang jarang ditemui oleh software lainnya.

Walaupun banyak menghadirkan tweaks video sana-sini akan tetapi software ini sedikit tertinggal dibandingkan software sejenis karena absenya dukungan fitur hardware acceleration, sehingga proses encoding dan transcoding yang ada saat proses convert dilakukan oleh prosesor. Hal inilah mengapa Handbrake sering dipilih sebagai software benchmark CPU.

Seiring dengan banyak permintaan dari pengguna Handbrake akhirnya menuruti permintaan untuk menghadirkan fitur hardware acceleration yakni semenjak versi 1.2.0 dirilis. Handbrake pada versi ini menghadirkan dukungan fitur hardware acceleration yang mendukung kartu grafis Nvidia Geforce (Via Nvidia NVENC) serta AMD Radeon (Via AMD VCE).

Sebelumnya bagi pengguna Intel HD sudah tersedia pula opsi akselerasi hardware (Via QuickSync). Agar bisa menggunakan fitur ini pengguna harus mengaktifkan fitur via menu preferences. Serta harus merubah opsi pada bagian video codec dan merubah ke H.264 (VCE/NVENC) atau H.265 (VCE/NVENC). Jangan kaget apabila beberapa settings ada yang menghilang mengingat masing-masing vendor kartu grafis hadirkan tweak yang berbeda.

Proses converting video akan menjadi lebih cepat dibandingkan menggunakan CPU, mengingat menggunakan komponen khusus yang ada di GPU untuk proses encoding dan transcoding. Konsumsi daya pun lebih efisien karena mempercepat waktu encoding. Seberapa cepat bergantung kepada kartu grafis yang digunakan. Untuk mengunduh bisa via tautan berikut.