AMD Epyc

AMD pada acara Next-Horizon yang diadakan sebelumnya diberitakan telah menampilkan prosesor AMD Epyc “Rome” terbaru yang berarsitektur Zen 2 dan memiliki 64 core 128 thread. Prosesor ini juga telah diproduksi menggunakan fabrikasi terbaru 7nm.

Tampilan AMD EPYC dengan I/O die di tengah dikelilingi 8 chiplet

AMD Epyc “Rome” menggunakan desain modular terbaru yang memisahkan komponen memory controller dan I/O controller menjadi satu kesatuan yang diberi nama I/O die,  sedangkan unit CPU yang terpisah kini disebut sebagai chiplet. Berdasarkan tes internal, AMD menyebutkan bahwa CPU Epyc “Rome” menghasilkan peningkatan Intruksi Per Clock (IPC) sebesar 29% dibandingkan AMD Epyc generasi sebelumnya yang menggunakan arsitektur Zen 1.

(Klik Untuk Perbesar)

Belum lama ini dikabarkan spesifikasi lengkap dari prosesor tersebut muncul di database SiSoft Sandra yang menampilkan peningkatan kapasitas L3 cache menjadi 2x lebih besar dibandingkan sebelumnya. Info lengkapnya seperti dilaporkan oleh Overclocker3D menyebutkan AMD tetap mempertahankan desain 8 core dengan komposisi 2 unit CCX. Masing-masing unit CCX berisikan 4 core dengan 512 KB L2 cache seperti yang hadir sebelumnya.

Perbedaannya, kini AMD menghadirkan kapasitas L3 cache per unit CCX sebesar 16MB sehingga menghasilkan total L3 cache antar unit chiplet sebesar 32MB. Informasi yang berasal dari SiSoft Sandra hanya menampilkan AMD Epyc “Rome” versi Engineering Sample (ES) yang memiliki clockspeed lebih rendah. Kita akan melihat versi finalnya dengan clockspeed yang lebih tinggi pada perilisan final yang akan dilaksanakan di tahun 2019 nanti.

Facebook Comments