Sound BlasterX AE-9 1

Pada saat ini berbagai vendor motherboard tidak segan untuk menghadirkan pengalaman sound-onboard yang sebaik mungkin. Beberapa komponen seperti penggunaan kapasitor terbaik khusus audio pun ditempuh, hal ini sehingga membuat mayoritas pengguna jarang membeli sound card tambahan. 

Walaupun begitu ada dari sebagian pengguna dari kalangan audiophile yang tetap memilih untuk membeli sound card tambahan dimana faktor kualitas keluaran suara yang lebih baik menjadi alasanya. Creative belum lama ini diberitakan telah merilis sound card kelas high-end terbarunya Sound BlasterX AE-9 untuk para 
audiophile.

Creative tetap mengandalkan chipset 3D Sound Core yang digunakan seri lainya dengan didukung Creative XAMP yang memisahkan stereo channel dan headphone secara terpisah. Creative juga mengkonfirmasi kehadiran 129 dB signal-to-noise ratio dan ESS Sabre 32 digital analog converter yang terkenal dapat menghasilkan dukungan kualitas suara terbaik. 

Berbicara dukungan port sound card ini telah mendukung konektor 3,5mm jacks untuk rear, center, dan sub. konektor lainya seperti Optical in dan out serta RCA stereo juga turut serta dihadirkan. Terdapat konektor daya 6 pin PCIe yang berikan asupan daya tambahan untuk sound card tersebut.  

Box yang berisikan DAC external 

Bukan sound card kelas atas namanya kalau biasa aja. Creative telah menghadirkan dukungan external DAC yang berbentuk box yang bisa terhubung dengan sound card. Box ini juga dilengkapi dukungan konektor TRS and XLR yang bisa terhubung dengan microphone dan tombol fitur SBX yang menghadirkan efek suara 3D virtual secara langsung. Creative membanderol Sound BlasterX AE-9 seharga $300.