Nvidia sebagaimana kita ketahui sebelumnya telah sukses merilis Geforce RTX 2080 Ti, RTX 2080 dan RTX 2070. Ketiga kartu grafis ini telah mendukung teknologi real-time raytracing teknologi yang bisa membuat tampilan pencahayaan game menjadi lebih realistis.

Sayangnya sampai saat ini Nvidia belum merilis seri menengah dari Geforce RTX 20 miliknya. Namun para gamer ataupun penggemar mungkin bisa sedikit bernapas lega mengingat belum lama ini bocoran tampilan dan spesifikasi Geforce RTX 2060 muncul di internet. 

Gigabyte Geforce RTX 2060
Kenampakan Gigabyte Geforce RTX 2060

Kartu grafis Geforce RTX 2060 yang diduga dari Gigabyte ini hadir dengan tampilan dual fan standar layaknya kartu grafis menengah. Soal konsumsi daya kartu grafis ini menggunakan konektor 8 pin PCIe dimana ada sumber yang mengatakan penggunaan konektor 8 pin hanya upgrade dari vendor agar permudah proses overclocking

Spesifikasi nvidia geforce rtx 2060
Spesifikasi Geforce RTX 2060

Berbicara masalah spesifikasi beredar info CLInfo yang menampilkan spesifikasi lengkap dari Geforce RTX 2060 seperti penggunaan chip GPU dengan clock 1.2 Ghz serta VRAM GDDR6 dengan kapasitas 6GB. Chip GPU yang digunakan memiliki jumlah Compute Unit (Nvidia menyebutnya sebagai Shader Multiprocessor) sebesar 30 unit atau setara 1920 CUDA core. 

Jumlah CUDA core yang dihadirkan lebih besar dibandingkan Geforce GTX 1060 sebelumnya yang sebesar 1280 CUDA core. Belum lagi mengingat ini adalah seri RTX ada kemungkinan besar chip GPU yang dipakai memiliki komponen “tensor core” dan “RT core”. Sayangnya kita belum bisa menjumpai dalam waktu dekat mengingat Nvidia diberitakan baru akan merilis di kuartal pertama, tahun 2019.