Intel sebagaimana kita ketahui tengah mengembangkan chipset GPU yang dipercaya akan menjadi pesaing berat dengan AMD dan Nvidia. Perlahan tapi pasti proyek chipset GPU dari Intel tersebut menunjukan wujudnya, sebelumnya Intel sudah mengumumkan nama produk dari chipset GPU nya yang bernama Intel Xᵉ (atau Xe) serta akan mengumumkan awal kehadirannya pada tahun 2020.

Walaupun waktu perilisan masih lama akan tetapi pihak marketing Intel ambil langkah lebih awal dengan merilis program Odyssey, program ini bertujuan sebagai wadah penggemar kartu grafis Intel Xe. Bagi masyarakat yang berminat mengikuti program ini bisa langsung mendaftar melalui website yang telah disediakan, nantinya bagi penggemar yang telah mendaftar akan mendapatkan berita dan info paling awal dari Intel Xe tersebut.

Tidak hanya masyarakat saja, kabarnya Intel juga turut mengundang berbagai antusias agar nantinya bisa mencoba kemampuan kartu grafis Intel Xe tersebut pertama kali. Intel saat ini merupakan produsen processor nomor satu untuk PC, namun tahukah anda Intel juga merilis berbagai macam produk diluar prosesor, seperti chipset modem LTE & 5G, FPGA untuk data center hingga storage berbasis SSD dan Intel Optane. Produk Intel sudah ada hampir di berbagai lini produk IT, selain kekurangan satu yakni kartu grafis diskrit.

Berbeda dengan produsen processor lainnya yakni AMD yang lebih memilih mengakuisisi produsen GPU ATI Inc., Intel lebih memilih merancang produk GPU miliknya secara mandiri yang menghasilkan produk Intel UHD sebelumnya, agar bisa menghasilkan chipset GPU untuk vga diskrit yang handal menariknya Intel telah menggaet banyak ahli dari RTG divisi grafis AMD. Mulai dari insinyur senior seperti Raja Koduri dan Gregory Stoner hingga kepala marketing Chris Hook.

Facebook Comments