AMD Ryzen sebagaimana pembaca ketahui tidak hanya hadir di PC desktop saja, namun juga hadir di perangkat mobile yakni laptop melalui processor Ryzen Mobile. Performa yang dihadirkan dari Ryzen Mobile APU sendiri cukup kencang dengan IGP Radeon Vega yang lumayan bertenaga untuk laptop mainstream. Sayangnya processor Ryzen mobile memiliki problem di driver, pengguna hanya bisa mendownload driver melalui website vendor yang tidak terupdate semenjak tahun lalu.

Kabar baik datang AMD belum lama ini sebagai jawaban atas masalah driver tersebut, AMD merilis driver Radeon Software Adrenalin 2019 Edition versi 19.2.3. Pengguna bisa download secara langsung melalui website resmi AMD. Tidak hanya itu saja kedepan AMD akan berencana untuk bekerjasama dengan lebih erat kepada antar vendor laptop untuk menghadirkan driver yang lebih update di websitenya.

Pada driver AMD Radeon Software Adrenalin 2019 Edition versi 19.2.3. menghadirkan peningkatan yang signifikan untuk gaming dibandingkan sebelumnya, berdasarkan catatan rilis AMD secara total terdapat peningkatan performa sebesar 10% untuk gaming keseluruhan serta peningkatan performa sebesar 17% untuk game e-Sport terkenal, dibandingkan Radeon Software versi 17.40 yang dirilis pada awal peluncuran Ryzen Mobile APU.

Bagi pengguna laptop Ryzen Mobile APU sudah bisa langsung mendownload melalui website resmi AMD di https://support.amd.com/en-us/download dengan memilih sesuai processor AMD Ryzen Mobile APU apa yang digunakan seperti contoh diatas. Karena driver ini merupakan update besar kami merekomendasikan untuk menghapus terlebih dahulu driver yang digunakan sebelumnya menggunakan DDU Uninstaller, sebelum mencoba install driver terbaru dari AMD tersebut.