REUTERS/Fabian Bimmer

Intel sebagaimana kita ketahui sebelumnya dikabarkan tengah berencana untuk melakukan “refresh” dari semua lini prosesor Intel Core 8th Gen miliknya menuju lini processor Intel Core 9th Gen, walaupun tetap menghadirkan arsitektur Coffee Lake yang sama, namun hadir dengan clockspeed yang lebih tinggi serta peningkatan di sisi IGP untuk seri tertentu.

Berdasarkan roadmap, fabrikasi 14nm tetap akan digunakan untuk platform dengan socket generasi berikutnya.

Kabarnya Intel juga tengah merencanakan hal serupa untuk processor kelas HEDT (High-end Desktop) berbasiskan socket LGA 2066, dimana untuk tahun 2019 Intel akan menyiapkan versi refresh dari Core i Extreme series dengan arsitektur Cascade Lake X. Tidak banyak perubahan dari sisi arsitektur, processor ini menggunakan fabrikasi 14nm++, konfigurasi CPU 18 Core 36 Thread, serta menggunakan RAM berbasis hexa-channel.

Walaupun tidak banyak berubah dari sisi arsitektur namun processor tersebut akan mendapatkan beberapa fitur next-gen yang akan hadir di processor generasi selanjutnya seperti Intel DL Boost untuk akselerasi performa aplikasi berbasis machine learning, Penggunaan Intel Optane Persistent Memory sebagai pengganti RAM serta proteksi hardware untuk celah keamanan “Meltdown” and “Spectre”.

Kiri ke kanan, LGA 1151, LGA 3647, LGA 2066 (Sumber TomsHardware)

Intel Core i Extreme series berbasis arsitektur Cascade Lake-X akan diumumkan oleh Intel di ajang Computex 2019 nanti, tidak hanya processor HEDT saja Intel kabarnya juga akan menghadirkan refresh untuk processor Intel Xeon kelas server dan workstation dengan socket LGA 3467 dengan arsitektur Cascade Lake serupa. Kedua processor ini akan berhadapan dengan AMD EPYC “Rome” dan Ryzen Threadripper Next-Gen dengan fabrikasi 7nm di tahun 2019.

Facebook Comments