REUTERS/Fabian Bimmer

Intel sebagaimana kita ketahui saat ini sudah merilis banyak seri prosesor Intel Core 8th Gen dan Intel Core 9th Gen dengan arsitektur Coffee Lake, kehadiran prosesor generasi Coffee Lake tersebut membawa peningkatan signifikan dari sisi performa karena menghadirkan jumlah core/thread lebih banyak dibandingkan generasi sebelumnya.

Kabarnya belum lama ini beredar rumor yang menyebutkan bahwa Intel sedang menyiapkan prosesor yang dipercaya sebagai Coffee Lake Refresh, berdasarkan info yang beredar tersebut menyebutkan Intel tidak menghadirkan perubahan besar pada prosesor Intel Coffee Lake tersebut selain menghadirkan clockspeed yang lebih tinggi dengan rata-rata berada di sekitaran 100-400 Mhz.

Klik untuk perbesar

Info dari masing-masing seri prosesor Intel Coffee Lake Refresh tersebut juga beredar di internet, terlihat masing-masing seri prosesor Intel Core 8th Gen berubah menjadi Core i 9xxx yang membedakanya dengan yang lain. Kabarnya untuk Intel Core i3 dan Core i5 akan mendapatkan peningkatan sebesar 100 MHz saja sedangkan Intel Pentium dan Celeron akan mendapatkan peningkatan clockspeed hingga 400 MHz.

Apabila anda melihat lebih jelas lagi terdapat seri Pentium G5620 yang beberapa waktu lalu sudah diumumkan oleh Intel. Prosesor ini merupakan seri Pentium terkencang saat ini, hal ini berkat penambahan clockspeed hingga mencapai 4 GHz serta penggunaan IGP Intel UHD 620 yang meningkat signifikan dibandingkan IGP Intel UHD 610 sebelumnya. Kemungkinan besar Pentium mendapatkan peningkatan signifikan agar bisa bersaing dengan lebih baik di sektor low-end atas Athlon 200GE APU. Intel belum mengkonfirmasi hal ini namun dirumorkan prosesor seri terbaru akan hadir di sekitaran bulan April 2019.