Ryzen Threadripper merupakan processor kelas HEDT (high-end desktop) dari AMD yang kini sudah berada di generasi kedua, AMD telah meningkatkan performa di generasi terbaru melalui peningkatan IPC serta penggunakan fabrikasi 12nm terbaru selain itu jumlah core/thread juga bertambah dari 16 core 32 thread menjadi 32 core 64 thread.

Penambahan jumlah core/thread di Ryzen Threadripper 2nd Gen tersebut pastinya juga akan menambah keluaran panas, Cooler Master sebagai produsen pendingin ternama belum lama ini telah merilis pendingin liquid cooling AIO andalanya yakni MasterLiquid AIO ML240 RGB yang telah hadir untuk varian socket TR4. Pendingin ini tersedia dalam dua varian radiator yakni dual fan dan triple fan.

Dual Fan
Triple Fan

MasterLiquid ML240 RGB varian radiator triple fan diperuntukan bagi pengguna prosesor Ryzen Threadripper 2nd Gen WX series, pendingin ini diklaim bisa mendinginkan prosesor dengan TDP 250W tersebut dengan baik. Sedangkan varian lainnya yang hadir dengan radiator dual fan diperuntukan bagi pengguna Ryzen Threadripper 1nd Gen atau Threadripper 2nd Gen X series dengan maksimal TDP 180W.

Menyesuaikan dengan bentuk IHS Ryzen Threadripper

Cooler Master melakukan beberapa penyesuaian agar pendingin miliknya bisa digunakan dengan baik untuk pengguna Ryzen Threadripper seperti pump block yang lebih besar, base cooper yang telah diperbesar agar cocok dengan IHS jumbo di Ryzen Threadripper serta peningkatan performa kipas pendingin yang pastinya dilengkapi RGB yang bisa diatur ritme pencahayaanya melalui perangkat lunak yang didukung. Cooler Master akan menjual pendingin tersebut mulai tanggal 14 Maret 2019, belum diketahui tentang harga dan kapan akan tersedia di Indonesia.