ram palsu corsair vengeance pro

Apabila kita sering menjumpai di berbagai forum rakit PC pastinya kita akan sering menjumpai orang lebih suka menggunakan konfigurasi RAM dual-channel dengan dua keping DDR3/DDR4 DIMM dibandingkan menggunakan empat keping DDR3/DDR4 DIMM walaupun di motherboard yang dipakai sudah mendukung empat slot RAM. 

Faktor biaya menjadi menjadi alasan utama kenapa hal ini bisa terjadi, mengingat seperti yang kita tahu harga empat keping DIMM yang cukup mahal saat ini. Walaupun begitu bagi beberapa orang yang mengutamakan estetika akan memaksa diri untuk merogoh kocek lebih dalam agar semua slot terisi. 

Corsair sebagai produsen RAM ternama berusaha memberikan solusi yakni dengan menghadirkan “RAM palsu”. Kenapa disebut palsu? mengingat RAM ini hanya tampil secara fisik saja dan tidak memiliki fungsi apa-apa selain menghadirkan lampu RGB LED.

Corsair menamai “RAM palsu” ini sebagai VENGEANCE RGB PRO Light Enhancement Kit yang tampil mirip dengan RAM Corsair seri VENGEANCE RGB PRO sehingga bagi yang memiliki dua keping bisa ditambahkan kit ini agar menghasilkan seolah-olah memiliki empat keping RAM. 

Kit tambahan ini walau tidak memiliki fungsi RAM sebagaimana mestinya akan tetapi terdapat dukungan 10 addressable RGB LED yang sama digunakan di Corsair seri VENGEANCE RGB PRO. Kit ini dibanderol seharga $40. 

Langkah serupa juga dilakukan Gigabyte yang menghadirkan AORUS RGB LED Kit sebelumnya. Kit dari AORUS ini memiliki fungsi dan tujuan yang sama yakni menghadirkan “RAM palsu” tambahan agar tampilan RGB LED bisa maksimal layaknya menggunakan empat keping RAM.  

 

Facebook Comments