Pada saat ini dalam membangun PC Gaming yang handal buat main game AAA harian tidak cukup hanya menggunakan spesifikasi yang gahar saja. Tampilan visual game juga harus diperhatikan dimana pastikan tidak ada stuttering atau tearing yang muncul saat bermain game.

Karena hal ini AMD dan Nvidia bekerjasama dengan vendor monitor untuk menghadirkan pengalaman gaming bebas stuttering dan tearing. Nvidia menghadirkan G-Sync dan AMD menghadirkan FreeSync. Perbedaan keduanya ada pada standar dimana AMD menggunakan standar Adaptive Sync yang terbuka dari organisasi VESA sedangkan Nvidia membutuhkan modul proprietary tambahan sehingga membuat harga melambung tinggi.

Hal ini membuat ketimpangan berbagai monitor FreeSync lebih banyak dibandingkan G-Sync. Nvidia tidak ingin hal ini terjadi untuk itu Nvidia umumkan dukungan terhadap monitor berbasis Adaptive Sync. Dukungan ini akan datang melalui driver terbaru yang akan dirilis tanggal 15 Januari nanti untuk Geforce GTX 10 dan Geforce RTX 20 series.

Nvidia telah menguji lebih dari 400 monitor yang mendukung teknologi AMD FreeSync sebelumnya dan bekerja dengan baik. Nvidia juga menghadirkan program sertifikasi agar memastikan monitor berjalan dengan baik. Walaupun begitu Nvidia melalui wawancara Guru3D menyebutkan monitor tidak ikut sertifikasi resmi pun bisa berjalan dengan baik di driver terbaru.

Walaupun telah mendukung monitor FreeSync (via Adaptive Sync) akan tetapi Nvidia tidak berhentikan program G-Sync mengingat masih diminati oleh kalangan antusias. Sebelumnya tidak hanya Nvidia saja Intel secara resmi juga mendukung monitor FreeSync (via Adaptive Sync) pada IGP Gen 11 untuk processor Intel generasi selanjutnya.

Facebook Comments