Pada saat ini jika kita berbicara tentang cara hadirkan performa PC maksimal tidak hanya performa CPU dan GPU saja, namun juga performa storage harus diperhatikan. Optane merupakan solusi dari Intel yang dapat meningkatkan performa PC yang menggunakan harddisk sebagai storage untuk kegiatan sehari-hari termasuk gaming. Walaupun menghadirkan peningkatan yang signifikan, sayangnya Optane kurang diminati.

Salah satu alasannya karena Optane yang hadir eksklusif untuk PC Intel terbaru saja. Selain itu harga SSD yang semakin terjangkau menjadi faktor lainnya. Namun Intel sepertinya tidak menyerah dengan merilis Optane seri terbaru H10 yang berbeda dengan seri sebelumnya. Kali ini Optane telah dilengkapi dengan SSD membuatnya bisa digunakan sebagai penyimpanan data sekaligus mendapat fitur dan keuntungan dari Optane.

Intel menjelaskan dalam satu paket Optane H10 terdiri dari komponen Intel Optane berupa Optane Memory Media beserta controllernya. Selain itu terdapat pula SSD berupa 3D QLC NAND beserta controller SSD tersebut. Tidak hanya itu, Intel juga menyediakan perangkat lunak Intel Rapid Storage untuk mengaktifkan akselerasi Optane dari SSD yang digunakan pada Optane H10.

Intel mengklaim pengguna dapat merasakan manfaat peningkatan performa hingga 2x lebih cepat saat membuka dokumen, membuka games 60% lebih cepat, serta membuka file media 90% lebih cepat dibandingkan SSD M.2 SATA. Intel Optane H10 tersedia dalam tiga kapasitas yakni 16GB (Intel Optane memory) + 256GB (storage), 32GB (Intel Optane memory) + 512GB (storage), dan 32GB (Intel Optane memory) + 1TB storage. Sayangnya tidak disebutkan akan harga serta waktu ketersediaan di Indonesia.

Facebook Comments