Nvidia sebagaimana diberitakan sebelumnya pada ajang CES 2019 telah mengumumkan rencana akan menghadirkan dukungan fitur DirectX Raytracing atau yang lebih akrab disebut sebagai DXR ke kartu grafis Geforce GTX Pascal dan Turing. Kabar baiknya pengguna kartu grafis lawas tersebut kini sudah bisa menikmatinya melalui driver Geforce Game Ready terbaru. Tak hanya itu Nvidia juga merilis tiga demo DirectX Raytracing terbaru.

Bekerjasama dengan beberapa developer, Nvidia merilis tiga demo yang bisa di download secara gratis untuk pengujian fitur DXR yakni Atomic Heart, NVIDIA Star Wars, serta Justice. Ketiga aplikasi demo tersebut menambah jajaran konten yang sudah mendukung DXR seperti beberapa game serta aplikasi benchmark ternama 3DMark Port Royal.

Tidak semua demo menghadirkan fitur-fitur DXR secara lengkap, di mana hanya demo Star Wars saja yang paling lengkap. Semakin lengkap fitur DXR yang dihadirkan maka dibutuhkan kartu grafis yang lebih bertenaga pula. Pada kartu grafis Nvidia Geforce RTX 20 series tidak terlalu dibebani hal ini berkat kehadiran dukungan RT core dan DLSS yang bisa mendongkrak performa.

Pengguna kartu grafis Geforce GTX bisa mencicipi performa DXR yang ada pada game. Sayangnya dari beberapa seri kartu grafis Geforce GTX yang diuji, hanya Geforce GTX 1080 Ti yang berhasil menghasilkan FPS yang playable di pengujian game terkini dengan setting grafis ultra. Nvidia menyebutkan hal ini wajar adanya karena kartu grafis lawas tidak memiliki RT core dan DLSS sehingga harus menurunkan setting grafis agar mendapatkan FPS yang playable.

Facebook Comments