Intel sebagaimana kita ketahui sebelumnya tengah dalam masa mengembangkan chip GPUnya yang dinamai Intel Xe, kabarnya Intel tidak hanya buat produk gaming saja, namun juga akan hadir di sektor workstation dan data center. Intel juga tidak lupa akan produk Intel UHD saat ini dengan mengumumkan kehadiran IGP Intel Gen11 yang direncanakan akan hadir di processor Intel Core 10th Gen “Ice Lake” nantinya.

Kabarnya belum lama ini beredar bocoran performa grafis dari IGP Gen11, info yang didapat berasal dari list  GFXBench dan CompuBench yang menampilkan processor tanpa nama Intel 0000 yang memiliki IGP Intel Iris Pro 940. Kemungkinan processor ini masih bersifat engineering sample yang belum dikenali betul oleh aplikasi benchmark. Berdasarkan bocoran benchmark tersebut menampilkan apa yang dijanjikan oleh Intel yakni peningkatan performa yang signifikan untuk Gen11.

Versus Intel UHD 620, Klik Untuk Perbesar
Versus Radeon Vega 11, Klik untuk perbesar

Lebih lanjutnya seperti yang kami kutip dari TomsHardware yang membandingkan dengan IGP Intel UHD 620 terdapat perbedaan yang signifikan yakni mencapai 76%, TomsHardware juga membandingkannya dengan IGP terkencang yang ada saat ini yakni Radeon Vega 11, menghasilkan performa yang kurang lebih setara dibandingkan Radeon Vega 11.

Intel IGP Gen11 yang akan hadir di processor Intel Core 10th Gen “Ice Lake” dirumorkan akan dirilis di akhir tahun 2019 nanti. Intel Gen11 tidak hanya mendapatkan peningkatan performa saja, namun juga efisiensi yang lebih baik berkat penggunaan fabrikasi 10nm. Tidak hanya itu driver Intel saat ini sudah dilengkapi fitur optimalisasi game (ala Geforce Experience) serta dukungan Monitor Adaptive Sync (FreeSync) membuat Intel Iris 940 menjadi bakal calon IGP terkencang berikutnya, mengakhiri dominasi AMD.