Windows 7 sebagaimana kita ketahui merupakan operasi sistem sejuta umat yang masih banyak penggunanya, Microsoft dengan alasan keamanan mencoba berbagai cara untuk membujuk pengguna Windows 7 agar mau upgrade ke Windows 10 mengingat dukungan Windows 7 secara resmi akan berakhir pada tahun 2020. Mulai dari edukasi di media dan jejaring sosial hingga program upgrade gratis di tahun perilisan awal Windows 10.

Kabar mengejutkan datang dari Microsoft. Berbeda dengan kebiasaan Microsoft yang selalu mengarahkan pengguna Windows 7 untuk upgrade, kali ini dikabarkan Microsoft membawa fitur andalan Windows 10 yakni DirectX 12 ke pengguna Windows 7. Tapi buat anda pengguna Windows 7 jangan senang dahulu, karena Microsoft tidak menghadirkan DirectX 12 secara langsung alias Windows 7.

Singkatnya Windows 7 tetap menggunakan DirectX 11 secara default untuk gaming, namun Microsoft bekerjasama dengan berbagai developer agar menghadirkan dukungan DirectX 12 ke Windows 7. Alhasil pengguna Windows 7 akan mendapatkan support DirectX 12 pada game yang dibuat oleh developer tersebut, pengguna juga mendapatkan keunggulan DirectX 12 yakni performa gaming yang lebih kencang.

Microsoft menambahkan pernyataan resmi bahwa tidak semua fitur DirectX 12 yang ada di Windows 10 bisa diaplikasikan ke Windows 7, walau tidak dijelaskan fitur apa yang telah absen. Game pertama yang mendapatkan dukungan DirectX 12 di Windows 7 adalah World of Warcraft melalui update Battle of Azeroth, Microsoft juga mengabarkan akan menggandeng beberapa developer lainnya. Sedangkan untuk dukungan driver baik Nvidia dan AMD menyebutkan dukungan game DirectX 12 tersebut bisa berjalan dengan baik di driver terkini.