Intel Core i9-9900K gen9 Coffee Lake telah diperkenalkan oleh Intel beberapa waktu yang lalu dan juga sudah masuk ke meja pengujian kami. Intel Core i9-9900K merupakan prosesor Intel pertama yang hadir dengan 8 core 16 thread dengan boost clock 5GHz.

Belum lama setelah rilis Intel Core i9-9900K beredar rumor bahwa Intel sedang menyiapkan model prosesor terbaru lainya yakni Intel Core i gen9 “KF” dan “F” series. Prosesor Intel ini berbeda dengan seri lainya dirumorkan akan hadir dengan tanpa grafis terintegrasi (IGP) walau belum diketahui apakah entah Intel mematikan secara firmware atau proses “die cutting”.

Intel Core i series dengan prefix “KF” hadir dengan unlocked multiplier alias bisa di overclock sedangkan “F” akan hadir locked multiplier alias tidak bisa di overclock tentu dibutuhkan motherboard dengan chipset Z series untuk melakukan hal ini.

Belum lama ini beredar informasi harga dari Intel Core i gen9 “KF” dan “F” series di internet. Informasi ini didapat melalui Techpowerup yang berhasil mendapatkan listnya via salah satu toko online di luar negeri. Terpampang nama Intel Core i5-9400F, Core i5-9600KF, Core i5-9600KF, Core i7-9700KF dan Core i9-9900KF.

Prosesor ini memiliki clockspeed tidak jauh berbeda dengan “saudaranya” yang memiliki IGP. Sayangnya harga yang tertera lebih tinggi, entah ini harga MSRP atau karena pre-order. Kita belum bisa mengetahuinya hingga peluncuran resminya nanti di tahun 2019.