Asrock selama ini dikenal sebagai produsen motherboard PC ternama. Tahukah anda selain membuat motherboard Asrock juga membuat mini-PC yang dikenal sebagai Deskmini. Pada ajang CES 2019 yang lalu Asrock menghadirkan Deskmini terbarunya yang mendukung prosesor AMD Ryzen terbaru.

Produk yang dinamakan DeskMini A300 Series ini walaupun hadir dalam bentuk mini, namun memiliki performa yang kencang berkat dukungan socket AM4 yang hadir melalui motherboard berbasis chipset A300. Pengguna bisa memilih menggunakan prosesor berbasis AMD APU 7th Gen A series atau AMD Ryzen dengan grafis Radeon Vega. Maksimal TDP yang didukung oleh motherboard A300 ini adalah 65W.

Motherboard A300 yang digunakan berbasis Mini-STX pertama hadir di dunia. Perbedaan dari motherboard Mini-ITX adalah minus kehadiran slot PCIe. Sehingga pengguna hanya bisa memanfaatkan dukungan iGPU dari AMD Ryzen “Raven Ridge” atau AMD APU. Kabar baiknya performa iGPU keduanya cukup handal untuk memainkan berbagai macam terkini di resolusi standar.

Untuk media penyimpanan data motherboard berbasis chipset A300 tetap mendukung slot M.2 layaknya motherboard socket AM4 lainya. Untuk dukungan port SATA tersedia 2 port SATA 3. Dukungan memory RAM pun tidak berubah dimana mengikuti prosesor yang dipasang yakni DDR4 2400 (untuk AMD APU) dan DDR4-2933 (untuk AMD Ryzen).

Kabar baiknya pengguna tidak perlu bingung cari pendingin mengingat motherboard ini mendukung pendingin Wraith Cooler low-profile biasa. Asrock sayangnya belum menyebutkan akan berapa harga resminya. Produk Deskmini ini cocok dijadikan HTTPC dengan tersedia 3 port display (HDMI, D-Sub dan Display port) dan mendukung VESA mount kit.