Perkembangan komponen hardware yang ada di PC Desktop seperti processor dan juga kartu grafis semakin pesat dari waktu ke waktu. Sayangnya tidak di imbangi dengan perkembangan storage dimana masih banyak pengguna PC yang menggunakan hardisk saat ini.

Walaupun begitu pada perkembanganya sebagian pengguna mulai beralih kepada storage yang lebih kencang seperti SSD serta Intel Optane. Sayangnya masing-masing memiliki kekurangan dimana untuk SSD masih terganjal harga yang mahal sedangkan Intel Optane terbatas fungsinya karena harus mengorbankan satu slot storage hanya untuk caching saja.

Intel pada ajang CES 2019 menghadirkan jawaban atas masalah tersebut dengan menghadirkan Intel Optane Memory H100. Produk ini menghadirkan dua fungsi utama yakni sebagai SSD PCIe M.2 NVMe serta Intel Optane Memory. Pengguna akan mendapat keuntungan performa storage keseluruhan dari sistem (apabila sudah terpasang harddisk) yang meningkat serta akan mendapatkan kapasitas storage ekstra dari SSD.

Terdapat tiga opsi Intel Optane Memory H100 :

  • 16GB Optane / 256GB NAND.
  • 32GB Optane / 512GB NAND.
  • 32GB Optane / 1TB NAND.

Intel Optane Memory H100 telah menggunakan teknologi QLC (Quad Level Cell) yang menghadirkan kapasitas per-chip NAND lebih besar dibandingkan TLC yang digunakan di mayoritas SSD saat ini. Hal inilah yang membuat Intel bisa menggabungkan Optane dengan NAND sekaligus di form factor SSD M.2 yang bisa sangat bermanfaat bagi pengguna ultrabook atau laptop tipis lainya.

Sayangnya Intel sementara merilis produk ini untuk PC OEM walaupun begitu Intel berjanji akan segera menghadirkan ke pasar PC rakitan nanti. Apakah ada dari pembaca yang menggunakan Intel Optane Memory sebelumnya? Informasi ini mungkin yang anda tunggu.

Facebook Comments