AMD sebagaimana kita ketahui termasuk diantara satu dari perusahaan yang ikut dalam acara CES 2019. Pada ajang ini AMD menampilkan beberapa produk terbarunya salah satu diantaranya kehadiran kartu grafis terbaru untuk PC kelas high-end yakni Radeon VII (diucapkan sebagai Radeon Seven).

Radeon VII merupakan kartu grafis yang hadir dengan chip grafis “Vega 20” berbasis fabrikasi 7nm yang dioptimalkan untuk kegiatan bermain game. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yakni “Vega 10” terdapat pengurangan dari sisi Next Compute Unit dari 64 ke 60 unit. Walaupun begitu terdapat penambahan jumlah pixel engine sebesar 128 unit meningkat 2x lipat serta GPU clock yang mencapai 1800 Mhz.

Perubahan di sisi arsitektur ini menghasilkan peningkatan performa bermain game yang lebih baik dibandingkan Radeon RX Vega 64 hingga 42%.

AMD juga membandingkan dengan Nvidia Geforce RTX 2080 dimana ditampilkan Radeon VII menghasilkan performa yang setara di game DirectX 11 dan 12 serta lebih unggul di game berbasis Vulkan. Walaupun tidak membandingkannya dengan kartu grafis tercepat Nvidia (Geforce RTX 2080 Ti) akan tetapi peningkatan sejauh ini cukup baik dibandingkan apa yang sudah dihadirkan di Radeon RX Vega 64/RX Fury X lalu.

Walaupun tema pada acara AMD kali ini adalah gamers akan tetapi para pembuat konten juga bisa memilih kartu grafis ini sebagai alternatif dari kartu grafis professional yang lebih terjangkau. Mengingat chipset GPU “Vega 20” terdapat peningkatan performa produktivitas signifikan hal ini berkat didukungnya akselerasi FP 1/2 meningkat dibanding FP 1/16 lalu.

Radeon VII dibanderol seharga $699 dan tersedia mulai dari 27 Februari 2019 secara bertahap serta berkesempatan mendapatkan gratis game Devil May Cry V, The Division 2 dan Resident Evil 7.

 

Facebook Comments