AMD Roadmap

Baru-baru ini AMD mengumumkan fabrikasi 7 nm dan Vega 20 pada acara Next Horizon. Pada acara itu, AMD menunjukkan prosesor server “Rome” EPYC yang berarsitektur Zen 2 dan memiliki 64 core 128 thread.

Walau pengumuman mengenai kelanjutan prosesor Ryzen 3000 dari AMD belum muncul, namun gambaran terhadap peningkatan performa dibanding pendahulunya sudah mulai terdengar. Secara mengejutkan, Expreview melaporkan internal tes dari AMD menunjukkan peningkatan IPC (instruksi per clock) hingga 29% lebih tinggi dari Zen generasi pertama.

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh AMD, mikro arsitektur Zen 2 memiliki execution pipeline dan front end yang lebih baik, kemampuan floating-point yang ditingkatkan, serta fungsi keamanan. Selain itu Zen 2 juga masih menggunakan memori DDR4 namun akan mengimplementasikan PCIe 4.0.

AMD New Horizon

Pada rilis resmi AMD di acara New Horizon, AMD menyediakan hasil tes DKERN + RSA untuk gabungan integer dan floating-point. Performa IPC dari arsitektur Zen adalah 3,5 dan hasil pengujian arsitektur Zen 2 ada pada 4,53. Peningkatan antara keduanya sekitar 29,4%

Sebagai gambaran, sebelumnya AMD mengumumkan peningkatan dari arsitektur Bulldozer ke Zen sebesar 52%. Namun hal ini tidak menutup kenyataan bahwa peningkatan 29% apabila benar adanya akan sangat meningkatkan performa prosesor AMD terbaru di kemudian hari secara signifikan.

Facebook Comments