Cebit 2018 (sumber: Deutsche Welle)

Penyelenggara CeBIT 2018 mengumumkan bahwa salah satu konferensi IT terbesar di dunia itu dibatalkan. Acara tersebut sebelumnya diadakan setiap tahun di Hannover, Jerman. Acara tahun ini dibatalkan karena menurunnya jumlah pengunjung dan penyewa tempat pameran.

https://twitter.com/cebit/status/1067761331464519680

Onuora Ogbukagu dari Deutsche Messe AG sebagai penyelenggara menuturkan bahwa tidak akan ada lagi CeBIT Jerman di masa depan.

Konferensi IT yang berbasis di Jerman ini sebelumnya merupakan salah satu patokan dalam tren teknologi. Pada akhir era 90an dan awal 2000-an, acara ini mampu memperoleh 850.000 pengunjung per tahun.

CEO dari Deutsche Messe, Jochen Köckler, menyatakan bahwa dikarenakan persepsi tumpang tindih antara acara CeBIT dan Hannover Fair yang meliputi seluruh aspek teknologi informasi, CeBIT akan dilebur dengan pameran dagang yang lebih besar.

Pertumbuhan ekonomi digital mengurangi permintaan terhadap acara pameran dan pertunjukan beberapa tahun belakangan ini. Atas alasan ini, banyak penampil yang sebelumnya memilih ekshibisi untuk berpindah ke bidang tersebut untuk memperluas bisnis mereka.