Pada saat ini perkembangan PC builder tidak lepas dari pernak-pernik RGB LED. Beberapa vendor mencoba mengikuti tren tersebut dengan memasukannya sebagai fitur di produk terbarunya. Salah satunya adalah ADATA dengan merilis RAM seri XPG Spectrix D60G terbaru yang menyasar PC high-end dengan menghadirkan RGB LED sebagai nilai jual utama.

Tampilan heatsink yang dihadirkan ADATA cukup apik dengan mengusung tema “diamond cut” yang terlihat modern. Heatsink yang terbuat dari alumunium ini dikelilingi dukungan lampu RGB LED yang diklaim oleh ADATA memiliki luasan RGB hingga 60% dari modul sehingga membuat RAM ini tampil menonjol diantara komponen lain.

ADATA menyediakan software XPG RGB Sync app yang bisa digunakan pengguna untuk mengontrol warna serta ritme dari RGB LED. Pengguna bisa juga menggunakan software RGB Sync bawaan vendor motherboard yang telah didukung oleh ASRock, Asus, Gigabyte dan MSI.

Pada perilisan awal, ADATA XPG Spectrix D60G akan tersedia dengan kapasitas 8GB dalam format dual-channel kit. RAM ini juga akan hadir berbagai varian kecepatan mulai dari yang terendah DDR4-3000 dan DDR4-3200 dengan timing 16-18-18 @1.35V sampai dengan varian tertinggi DDR4-3600 dengan timing 17-18-18 @1.40V.

RAM ini juga telah mendukung dukungan XMP 2.0. Tidak hanya itu saja, ADATA merencanakan untuk merilis varian ADATA XPG Spectrix D60G yang akan hadir dengan kecepatan lebih tinggi DDR4-4133 walau tidak disebutkan tanggal rilisnya. Sayangnya ADATA belum merilis info tentang harga serta kapan akan tersedia ke pasar Indonesia.