Prosesor AMD Ryzen selama ini terkenal akan harganya yang kompetitif. Beberapa seri di antaranya seperti Ryzen 3 2200G menjadi best seller di berbagai toko komputer. Hal tersebut karena ia menghadirkan performa CPU quad core yang kencang plus didukung performa IGP yang cukup handal untuk kebutuhan gaming di resolusi rendah 720p.

Kabarnya AMD tengah menyiapkan prosesor generasi penerusnya yakni Ryzen 3 3200G. Prosesor ini telah tertangkap kamera sedang diuji salah satu sampelnya. Info ini didapat melalui salah satu pengguna Twitter TUM_APISAK. Prosesor ini memiliki codename “Picasso” yang akan menggunakan arsitektur Zen+ serta fabrikasi 12nm terbaru.

Walaupun menggunakan arsitektur dan fabrikasi terbaru, kabarnya AMD tidak melakukan perubahan dari sisi spesifikasi selain menghadirkan clockspeed lebih tinggi. Sektor CPU tetap menggunakan 4 core 4 thread namun kini dengan peningkatan clockspeed 3.6 GHz default dan 3.9 GHz turbo. IGP Radeon Vega 8 juga mendapatkan peningkatan GPU clock mencapai 1250 MHz.

TUM_APISAK juga membagikan foto lainnya menampilkan prosesor Ryzen 3 3200G yang sedang “dibedah”. Saat dilihat tidak ada perubahan dalam ukuran die prosesor AMD Ryzen 3 3200G dibandingkan sebelumnya. Hal serupa juga kita temukan pada Ryzen gen 2 desktop dimana AMD memanfaatkan fabrikasi 12nm terbaru untuk menambah clockspeed.

Prosesor AMD Ryzen APU gen 2 pada saat ini baru tersedia untuk segmen laptop. Kehadiran generasi penerus untuk prosesor murah ini sangat dinantikan banyak orang. Kabar baiknya, pengguna akan tetap bisa menggunakan motherboard socket AM4. Pengguna hanya perlu update BIOS untuk menggunakannya. Sayangnya belum diketahui kapan akan dirilis ke pasaran.

Facebook Comments