Pada awal tahun 2019 ini beberapa pengguna PC mulai berencana untuk upgrade PC. Sayangnya bagi sebagian penggemar Nvidia Geforce harus menunggu lagi mengingat kartu grafis Geforce RTX 20 belum tersedia untuk seri menengah ke bawah.

Walaupun begitu berbagai rumor hari ini menampilkan info rencana Nvidia tengah menyiapkan kartu grafis kelas menengah yakni Geforce RTX 2060. Beberapa waktu yang lalu telah tersebar info spesifikasi dari Geforce RTX 2060 yang akan menghadirkan peningkatan dari sisi CUDA core serta terdapat kemungkinan akan hadirnya fitur real-time raytracing.

Belum lama ini kembali muncul rumor terbaru tentang Geforce RTX 2060 dimana kali ini datang dari vendor Zotac. Kabarnya brand satu ini akan merilis dua seri yakni Zotac Geforce RTX 2060 AMP dan Zotac RTX 2060 Twin Fan.

Kedua seri Geforce RTX 2060 hadir dengan tampilan yang tidak jauh berbeda dengan menggunakan pendingin dual fan dengan logo “Zotac Gaming”. Perbedaannya ada pada di GPU clock dan memory clock dimana seri AMP lebih kencang. Walau belum diketahui angka pastinya.

Menariknya berdasarkan bocoran gambar, Zotac menempatkan kartu grafis ini pada PC yang menggunakan casing mini-tower. Hal ini memang sesuai dengan tren akhir-akhir ini ada beberapa kalangan antusias yang membangun PC Gaming berukuran mini.

Kedua kartu grafis ini sama-sama menggunakan konektor power 8-pin PCIe. Konektor yang digunakan diatas standar Geforce RTX 2060 yang menggunakan konektor 6-pin saja. Walaupun begitu penggunaan konektor 8-pin membuka potensi overclocking yang lebih baik. Sayangnya belum diketahui harga dan kapan tanggal rilis pastinya.