AMD Navi roadmap

Pada saat ini banyak gamer menantikan produk terbaru dari AMD yakni GPU dengan arsitektur Navi. Sebelumnya sudah banyak beredar berbagai rumor tentang GPU Navi tersebut, mulai dari penggunaan fabrikasi 7nm dan memori VRAM GDDR6 terbaru hingga performa yang dipercaya bisa bersaing dengan Geforce RTX 20 Series.

Tampilan PCB yang diduga digunakan untuk kartu grafis berbasis GPU Navi

Belum lama ini beredar tampilan PCB yang diduga digunakan untuk kartu grafis terbaru berbasis GPU Navi tersebut. PCB ini menampilkan chip GPU berukuran besar yang dikelilingi oleh chip memory GDDR6 kapasitas 8GB atau 16GB dengan memory bus sebesar 256 bit. Umumnya AMD menggunakan VRAM tipe GDDR di kelas menengah namun tidak kali ini.

Hal ini terlihat pada tampilan PCB tersebut menampilkan sebuah port untuk pemasangan konektor power 2×8 pin PCIe. Hal ini menandakan PCB tersebut mendukung kartu grafis dengan konsumsi daya hingga 300W. Jika dihubungkan dengan tampilan tempat untuk chip GPU yang cukup besar, kemungkinan ia adalah kartu grafis dengan arsitektur GPU Navi yang memiliki performa tinggi.

Apabila tampilan PCB ini benar adanya, maka para fans Radeon akan bisa bersiap diri karena AMD akan kembali bersaing di pasar kartu grafis kelas high-end. Pada saat ini hanya satu kartu grafis terbaru yaitu Radeon VII yang dihadirkan untuk bersaing dengan Geforce RTX 20 Series. Sedangkan kartu grafis berbasis Polaris dan Vega lawas yang telah didiskon.