Intel sebagaimana yang telah diberitakan sebelumnya telah merilis prosesor Intel Xeon terbaru yang menyasar pangsa server dan data center. Kabarnya Intel juga tengah menyiapkan prosesor Core i Extreme Series terbaru yang akan menggunakan arsitektur Cascade Lake yang sama dengan seri Xeon yang baru saja rilis.

Klik untuk perbesar

Rumor ini berasal dari database SiSoft Sandra yang menampilkan info prosesor HEDT (high-end desktop) terbaru dengan codename “Cascade Lake-X”. Prosesor ini diduga sebagai penerus dari Intel Core i9-9900XE sebelumnya. Perbedaannya ada pada clockspeed yang lebih tinggi.

Pada Intel Core i9-9900XE sebelumnya hanya memiliki baseclock 3.5 GHz dengan turbo boost sebesar 4.5 GHz. Pada prosesor terbaru ini meningkat menjadi baseclock 4 GHz dan turbo boost sebesar 4.6 GHz. Pencapaian ini dibilang jarang terjadi karena pada umumnya saat ada penambahan jumlah core maupun thread clockspeed akan diturunkan untuk mengurangi konsumsi daya maupun suhu.

Berdasarkan info dari database tersebut, ia juga menunjukan info tentang adanya chipset terbaru Glacier Falls untuk menggantikan chipset Basin Fall (X299) yang digunakan saat ini. Belum ada informasi mengenai apa yang akan hadir pada Glacier Falls terlebih tentang penamaan nomor serinya karena seperti yang kita tahu X399 saat ini sudah digunakan oleh AMD.

Apabila informasi ini benar adanya maka kehadiran Cascade Lake X tersebut akan disambut baik oleh para pengguna HEDT yang ingin upgrade ke prosesor terbaru. Kehadiran prosesor 10 core 20 thread dengan clockspeed yang lebih tinggi akan menjanjikan peningkatan performa yang signifikan untuk berbagai pekerjaan terutama untuk kreasi konten.

Facebook Comments