Intel sebagaimana kita ketahui merupakan perusahaan semikonduktor yang menjadi produsen nomor satu prosesor PC. Intel terkenal dengan beberapa produknya seperti Intel Core, Intel Xeon dan IGP Intel UHD. Kabarnya Intel tengah menyiapkan rencana perilisan prosesor next-gen yang bocoran informasinya sudah beredar di internet.

Bocoran roadmap prosesor Intel untuk PC OEM
Bocoran prosesor Intel untuk Laptop

Comet Lake: 14nm++, Hingga 10 Core. 

Intel Comet Lake merupakan turunan refresh “Skylake” yang tetap menggunakan fabrikasi 14nm++. Rumornya Intel akan menghadirkan fitur DLBoost yang saat ini ada di Xeon terbaru. Walaupun menggunakan fabrikasi 14nm++ sudah berumur akan tetapi Intel rumorkan akan menghadirkan varian Comet Lake-H dengan konfigurasi 10 core 20 thread.

Rocket Lake & Tiger Lake: 14nm CPU + 10nm GFX (Intel Xe?)

Rocket Lake dan Tiger Lake merupakan processor unik karena menggabungkan 14nm CPU serta 10nm GPU dalam satu prosesor. Berbeda dengan metode IGP, Intel menggunakan metode 2.5D EIMB seperti yang ada di Kaby-Lake G yang berduet dengan Radeon Vega sebelumnya. Perbedaannya, kabarnya Intel akan menggunakan grafis Intel Xe.

Atom: Elkhart Lake and Skyhawk Lake

Kedua prosesor kelas hemat daya turunan Intel Atom ini akan menggunakan arsitektur Tremont untuk CPU. Walaupun sudah jarang dilirik oleh konsumen PC, namun processor kelas ini masih dilirik oleh produsen embedded. Harap diingat informasi yang beredar ini masih sebatas rumor yang bisa saja batal. Produk jadinya baru akan dirilis di tahun 2020-2021.