Bagi anda pemerhati teknologi khususnya fans dari vga card Nvidia Geforce, pasti tidak lupa dengan perilisan Geforce GTX 1060 dengan VRAM 6GB beberapa waktu yang lalu. Nvidia sebulan setelah perilisan secara mengejutkan langsung merilis Geforce GTX 1060 dengan VRAM 3GB yang menariknya tidak hanya berbeda kapasitas VRAM saja, Nvidia juga mengurangi jumlah CUDA core di Geforce GTX 1060 tersebut.

Kabarnya belum lama ini beredar rumor yang mungkin akan membangkitkan kembali kenangan lama kita, dimana Nvidia dirumorkan menyiapkan varian Geforce GTX 1660 Ti dengan VRAm 3GB. Informasi tersebut didapatkan melalui Eurasian Economic Commission (EEC) lembaga Rusia yang mengurus masalah perijinan, pada screenshoot halaman tersebut yang menampilkan Geforce GTX 1660 TI dalam dua varian VRAM yakni 6GB dan 3GB.

JKlik untuk perbesar

Sayangnya pada halaman yang tertera tidak dijelaskan spesifikasi lengkapnya, namun terdapat list varian Geforce GTX 1660 Ti dari produsen Asus, pada list yang tertera tidak tampak lini Strix atau ROG lainya. Hanya terdapat seri Geforce GTX 1660 Ti dari lini Expedition, Dual OC. Phoenix, TUF Gaming, dan Turbo yang merupakan seri harga terjangkau dari Asus.

Hal ini menandakan Asus menempatkan varian Geforce GTX 1660 TI VRAM 3GB miliknya sebagai vga card kelas menengah kebawah yang menjadi penerus seri Geforce GTX 1060 versi VRAM 3GB. Sayangnya kita belum mengetahui tentang spesifikasi GPU dari versi VRAM 3GB tersebut, jika dikurangi, apakah performanya bisa melebihi seri Geforce GTX 1060 VRAM 3GB sebelumnya? kita tunggu saja kehadiranya nanti berbagai rumor menyebutkan Nvidia akan memperkenalkannya pada ajang GDC 2019.