Topik pembahasan tentang kartu grafis Geforce GTX 1660 Ti sedang hangat-hangatnya akhir ini, mulai dari bocoran tampilan kartu grafis hingga berbagai bocoran spesifikasi muncul di internet. Hal ini dikarenakan kartu grafis kelas menengah dari Nvidia ini sudah banyak dinantikan oleh para fans kartu grafis Geforce tersebut.

Kabarnya berdasarkan info yang didapat dari Videocardz menampilkan info tambahan yang diduga berasal dari kartu grafis MSI Geforce Ventus GTX 1660 Ti. Kartu grafis ini tampil sebagai seri value dengan kehadiran pendingin dual fan yang cukup kecil, membuatnya cocok untuk digunakan di casing mid-tower atau mini tower. Informasi tentang kartu grafis ini tidak berhenti disitu saja, karena bocoran isi kartu grafis ini juga muncul di internet.

Klik Untuk Perbesar

Kita bisa melihat dengan jelas kartu grafis ini tampil dengan desain board yang sederhana, terlihat kartu grafis ini pun hanya hadir dengan catu daya 8-pin PCIe. Apabila anda cermati lebih lanjut board kartu grafis ini hanya menampung 6 memory chip dari total 8 chip, menandakan kartu grafis ini memiliki kapasitas VRAM 6GB dengan 192-bit memory bus. Jumlah memory dan memory bus yang sama ditemui di kartu grafis Nvidia kelas mid-end sebelumnya.

Pada board Geforce GTX 1660 Ti dirumorkan akan menggunakan chip GPU TU116-400-A1 yang merupakan varian chip GPU dengan arsitektur turing. Apabila dibandingkan dengan chip GPU TU106 yang ada pada Geforce RTX, chip GPU ini tampil dengan ukuran yang lebih mini seperti yang ditampilkan dalam gambar komparasi diatas. Hal ini menjadi kabar baik mengingat kedepan kita mungkin akan banyak melihat produsen yang memasangkan pendingin dengan ukuran mini.