Nvidia sebagaimana kita ketahui telah merilis beberapa seri Geforce RTX 20 series serta yang terbaru terbaru Nvidia merilis Titan RTX. Kartu grafis ini menggunakan chip GPU Turing terkencang yang ada saat ini dengan didukung VRAM berkapasitas 24 GB GDDR6. Di saat Nvidia sudah merilis beberapa seri kartu grafis terbaru tersebut, beredar rumor akan menumpuknya stock chip GPU GP 104 yang digunakan di kartu grafis Geforce GTX 1070, GTX 1070 Ti, dan GTX 1080.

Kemungkinan rumor ini benar adanya dan telah membuat Nvidia mencari akal agar dapat meningkatkan nilai jual kembali kartu grafis lawas mereka. Salah satu cara adalah dengan meningkatkan performa melalui penggantian VRAM di seri Geforce GTX 1070 dari sebelumnya menggunakan VRAM 8GB GDDR5 sekarang menjadi GDDR5X. Penggunaan VRAM GDDR5X meningkatkan bandwith memory dari 8 Gbps menjadi 10 GBps.

Zotac diberitakan merupakan vendor AIB (Add-in-Board) pertama yang mendapatkan revisi tersebut. Belum lama ini Zotac telah merilis Geforce GTX 1070 AMP Extreme Core GDDR5X dengan dukungan base clock 1607 MHz, boost clock 1797 MHz dan memory clock 8.20 GHz. Walaupun menghadirkan GPU clock diatas versi reference akan tetapi factory-overclock yang dihadirkan lebih rendah dibandingkan versi GDDR5 sebelumnya.

GTX 1070 GDDR5X
Zotac GTX 1070 GDDR5X IceStorm

Desain Pendingin Zotac Icestorm yang dihadirkan tidak jauh berbeda dengan seri Zotac AMP Extreme lainya yakni menggunakan tiga fan berukuran 90mm, heatsink berukuran full-size dengan 6 heatpipe dan kehadiran lampu RGB LED “Spectra” yang bisa dikendalikan melalui software Zotac FireStorm. Sayangnya Zotac belum memberikan informasi mengenai harga dan kapan tersedia ke pasaran.

 

Facebook Comments