Nvidia sebagaimana kita ketahui sebelumnya telah merilis Geforce RTX 20 series yang salah satu fitur andalannya adalah menghadirkan dukungan DirectX Raytracing (DXR), memungkinkan menghadirkan efek pencahayaan yang lebih menakjubkan di dalam game. Sayangnya fitur DXR sebelumnya hanya eksklusif bisa dijalankan di Geforce RTX atau yang terbaru saja.

Kabar baiknya sepertinya Nvidia telah berbaik hati untuk menghadirkan dukungan DirectX Raytracing untuk kartu grafis Nvidia Geforce lawas melalui driver Nvidia Geforce Game Ready terbaru. Pengguna kartu grafis Nvidia Geforce 10 series mulai dari Geforce GTX 1060 6GB atau yang lebih tinggi bisa menikmati fitur DXR. Hal yang sama juga ditemui untuk Geforce 10 series dengan arsitektur Turing yakni Geforce GTX 1660 dan GTX 1660 Ti.

Walaupun bukan sasaran utama para gamers, namun Nvidia Titan juga mendapatkan dukungan DXR baik Titan X dan Titan XP berbasis arsitektur Pascal maupun Titan V berbasis arsitektur Volta. Tidak hanya PC Desktop saja bagi pengguna laptop gaming yang menggunakan kartu grafis Geforce 10 series seperti Geforce GTX 1060 Max Q juga akan mendapatkan dukungan DirectX Ray Tracing.

Dampak pengurangan performa di game BFV
Dampak pengurangan performa di game Metro Exodus

Sayangnya walaupun sudah mendapatkan dukungan DXR, namun dampak pengurangan performa saat fitur DXR aktif akan jauh lebih berasa dibandingkan saat menggunakan Nvidia Geforce RTX 20 series. Hal ini karena minusnya dukungan RT core serta DLSS yang dibutuhkan untuk menghasilkan performa FPS yang tetap stabil saat fitur DXR aktif. Pengguna kartu grafis Nvidia Geforce lawas mulai bisa menikmati  Driver Nvidia Geforce Game Ready terbaru yang direncanakan hadir di bulan April 2019.

Facebook Comments