Nvidia sebagaimana yang kita ketahui pada ajang CES 2019 yang lalu telah mengumumkan kartu grafis seri mengahnya yakni Geforce RTX 2060. Kartu grafis ini menghadirkan peningkatan performa yang cukup signifikan serta sesuai serinya “RTX” kartu grafis ini membawa berbagai fitur andalan seperti fitur Geforce RTX, DLSS serta RT core yang sebelumnya ada di kartu grafis kelas atas.

Walaupun Geforce RTX 2060 sendiri sudah menjadi generasi penerus dari Geforce GTX 1060. Namun kabarnya Nvidia dirumorkan tengah menyiapkan kartu grafis menengah lainya yakni seri Geforce GTX 1660 Ti. Berdasarkan info terkini kartu grafis ini akan hadir dengan menggunakan chipset GPU Nvidia “Turing” TU116 dengan 1.536 CUDA Core yang lebih sedikit jumlahnya dibandingkan dengan chipset GPU yang ada di Geforce RTX 2060.

Selain itu terdapat pengurangan fitur yakni absenya fitur Geforce RTX, DLSS serta RT core yang menjadi andalan dari kartu grafis seri Geforce RTX-20 sebelumnya. Kemungkinan besar hal inilah yang menjadi alasan dipilihlah “GTX” menjadi prefix seri kartu grafis ini. Kabarnya Nvidia akan menempatkan harga kartu grafis ini di sekitaran $300 atau dengan kata lain berada diantara Geforce GTX 1060, Geforce GTX 1070 dan Geforce RTX 2060.

Kartu grafis ini juga akan bersaing dengan kartu grafis dari AMD yakni Radeon RX 590 yang sama-sama menggunakan fabrikasi 12nm. Perbedaanya AMD lebih memilih menggunakan chipset GPU Polaris lama yang di refresh dengan menaikan GPU Clockspeed yang lebih tinggi. Walaupun tidak banyak perubahan akan tetapi kehadiran Radeon RX 590 akan menyita pasar Geforce GTX 1060 sebelumnya yang kurang unggul akan performa jika Nvidia tidak meluncurkan produk baru.

Facebook Comments