Pada ajang CES 2019 yang lalu Nvidia membuat kejutan kepada publik dengan menghadirkan dukungan monitor berbasis FreeSync yang menjadi kompetitor dari standar yang dibuat oleh Nvidia sendiri yakni G-Sync. Nvidia sendiri tidak menyebutkan secara langsung melainkan menyebutkan Nvidia Geforce akan mendukung monitor berbasis VRR (Variable Refresh Rate).

VRR adalah standar terbuka VESA yang juga digunakan pada monitor berbasis FreeSync. Walaupun secara terbuka mendukung monitor berbasis FreeSync akan tetapi Nvidia menyebut monitor tersebut dengan sebutan “G-Sync Compatible”. Nvidia telah menguji coba berbagai monitor FreeSync dan sementara baru tersedia beberapa yang sudah tersertifikasi berjalan dengan baik.

Belum lama ini Nvidia mengumumkan kehadiran driver Geforce Game Ready versi  417.71. Pada driver ini Nvidia menghadirkan dukungan untuk kartu grafis terbaru Nvidia Geforce RTX 2060 serta tidak hanya itu driver ini juga menghadirkan dukungan untuk monitor “G-Sync Compatible”.

Walaupun secara resmi Nvidia tidak menyebutkan FreeSync di rilis resmi driver ini dan hanya “G-Sync Compatible”, namun faktanya banyak pengguna kartu grafis Geforce dengan monitor FreeSync yang sudah mencoba dan berhasil. Sebagai contoh seperti yang kami kutip dari WCCFTech terdapat screenshoot dari pengguna monitor Nixeus EDG 27-Inch NX-EDG27 yang mendukung FreeSync.

Harap dicatat untuk menggunakan fitur ini selain membutuhkan kartu grafis Geforce GTX 10 “Pascal” atau RTX 20 terbaru, pengguna harus mengaktifkan mode FreeSync atau VRR di panel monitor terlebih dahulu setelah itu baru mengaktifkanya melalui Nvidia Control Center. Sementara ini fitur ini baru bekerja untuk monitor FreeSync yang menggunakan konektor DisplayPort.