Pada saat ini sedang berkembang era tren vlogger yang dimana didominasi oleh kegiatan streaming game favorit terutama game esports.  Kabar baiknya Nvidia sebagai produsen GPU ternama mengumumkan telah bekerjasama dengan developer OBS untuk menghadirkan pengalaman streaming game yang lebih baik untuk pengguna kartu grafis Nvidia Geforce.

Komponen multimedia GPU Nvidia, NVDEC untuk video playback dan multimedia + NVENC untuk video encoding dan game streaming

Sedikit perkenalan OBS secara default akan menggunakan CPU untuk mengolah beban streaming melalui perantara codec x264, walaupun memiliki hasil kualitas video yang baik namun memiliki pengurangan performa yang lumayan besar.  Nvidia mencoba selesaikan masalah melalui komponen khusus bernama Nvidia Encoding (NVENC) yang hadir di semua lini kartu grafis Nvidia Geforce GTX dan RTX series (Seri GT dan MX tidak didukung) menghasilkan fps drop menjadi lebih minim.

Hasil kerjasama tersebut menghasilkan OBS versi 23.0.1 terbaru yang dimana pengurangan performa (FPS hit) saat streaming game, telah diminimalkan menjadi hanya 1.5% dari total FPS keseluruhan atau setara dengan 68% lebih rendah dibandingkan versi lawas. Tidak hanya itu Nvidia mengklaim kualitas yang dihasilkan juga tidak kalah baik dengan saat menggunakan CPU melalui perantara x264 (preset x264 fast).

Walaupun bukan menjadi fitur unggulan utama, namun chipset GPU “Turing” telah mendapatkan NVENC generasi terbaru, hasilnya berdasarkan pengujian Nvidia terdapat  peningkatan performa dan  kualitas video saat streaming game melalui OBS dibandingkan Geforce GTX 10 series sebelumnya. Bahkan secara mengejutkan berhasil mengalahkan kualitas yang dihasilkan oleh CPU melalui perantara x264 (preset x264 fast).

Kehadiran OBS Studio yang didukung penuh oleh Nvidia menjadi kabar baik bagi vlogger, Hal ini dikarenakan pengguna Nvidia Geforce bisa menggunakan alternatif perangkat lunak lain untuk streaming game selain menggunakan fitur Nvidia Shadow Play yang ada di driver Nvidia sendiri melalui Geforce Experience. OBS 23.0.1 bisa diunduh melalui tautan berikut.  Nvidia juga tidak sungkan memberikan step by step tata cara penggunaannya.